Selasa 01 Oktober 2019, 10:20 WIB

Pemkot Medan Soroti Kinerja BPJS Kesehatan

Yoseph Pancawan | Nusantara
Pemkot Medan Soroti Kinerja BPJS Kesehatan

MI/Angga Yuniar
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota Medan memberikan perhatian khusus terhadap kinerja sosialisasi, edukasi dan layanan BPJS Kesehatan di daerahnya yang dinilai masih lemah. Wiriya Alrahman, Sekretaris Daerah Kota Medan, meminta BPJS Kesehatan lebih gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai manfaat menjadi peserta.

"Ini menjadi catatan penting bagi kita, terutama BPJS Kesehatan. Sebagai pihak yang bertanggung jawab menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat," ungkapnya, Selasa (1/10).

Sekda mengatakan, upaya persuasif, edukasi, sosialisasi harus lebih gencar dilakukan agar informasi terkait BPJS Kesehatan dapat diketahui masyarakat secara luas, terbuka dan jelas. Selain itu, Wiriya juga meminta BPJS Kesehatan melakukan monitoring dan evaluasi layanan, data peserta dan aspek-aspek kinerja lainnya sehingga tidak merugikan masyarakat. Dengan begitu, penambahan jumlah kepesertaan dapat lebih maksimal. Sebab hingga kini masih ada sekitar 20% warga Medan belum terdaftar dalam BPJS Kesehatan.

Sekda juga meminta BPJS Kesehatan segera membayar uang klaim yang diajukan RSUD Dr Pirngadi karena sudah dua bulan menunggak. Wiriya menegaskan, keterlambatan pembayaran dapat berdampak buruk terhadap operasional RSUD Dr Pirngadi, seperti untuk gaji para tenaga medis.

baca juga: Warga Berdarah Minang Menolak Pulang

"Kami minta masalah-masalah ini ditindaklanjut dan ada kejelasan dari BPJS Kesehatan. Apalagi ini menyangkut hajat hidup orang banyak," pungkas Sekda. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More