Senin 30 September 2019, 22:18 WIB

Perempuan Pimpin Parlemen Dinilai Positif

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Perempuan Pimpin Parlemen Dinilai Positif

MI/ Susanto
Puan Maharani menjadi salah satu calon kuat Ketua DPR 2019-2024

 

PENELITI Formappi Lucius Karus menilai jika parlemen periode 2019-2024 dipimpin oleh perempuan, itu merupakan sebuah terobosan. Hal itu disampaikannya saat menanggapi rencana partai politik yang akan menempatkan sosok perempuan di kursi DPR/MPR mendatang.

"Saya kira sebuah kemajuan dalam dunia politik kita khususnya di DPR dan MPR jika kali ini menghadirkan sosok perempuan sebagai pimpinan, apalagi sebagai ketua," kata Lucius kepada Media Indonesia, Senin (30/9).

Baca juga: Dua Organisasi Buruh Dukung Program Jokowi di Periode Kedua

Menurut dia, gender semestinya bukan menjadi persoalan lagi untuk memimpin suatu lembaga. Hanya saja, kata dia, yang terpenting adalah bagaimana kapasitas dari sosok yang memimpin tersebut.

"Sejauh mana pemimpin perempuan yang menjadi pemimpin meraih itu karena kapasitas yang dia miliki atau karena fasilitas politik lain seperti alasan kekerabatan atau keluarga?" katanya.

Lebih lanjut, Lucius menyampaikan bahwa pemimpin perempuan harus bisa menghadirkan warna yang berbeda dan bisa memperlihatkan kapasitasnya untuk mengubah wajah parlemen dan MPR menjadi lebih baik.

"Jangan sampai kepercayaan memimpin lembaga tinggi kepada perempuan justru menjadi bumerang karena tidak mampu atau karena kader perempuan terpilih bukan karena kapasitas tetapi justru melulu karena alasan kekerabatan saja," tandasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More