Senin 30 September 2019, 14:30 WIB

Kebakaran Kembali Landa Hutan Lindung Egon Ili Medo di Sikka

Alexander P Taum | Nusantara
Kebakaran Kembali Landa Hutan Lindung Egon Ili Medo di Sikka

MI/Alexander P Taum
Karhutla di Hutan Lindung Egon Ili Medo di Sikka

 

SETELAH menghanguskan puluhan hektare lahan pada awal September lalu, kebakaran hutan terjadi lagi di kawasan hutan lindung Egon Ili Medo, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Kebakaran terjadi Senin (30/9) sekitar pukul 07.00 WITa.  Titik api dimulai dari titik masuk kawasan hitan lindung Egon Ili Medo.

Kebakaran hutan dan lahan di kawasan hutan lindung Egon Ile Medo, disaksikan Media Indonesia.

Sampai saat ini belum ada pihak BPBD Kabupaten Sikka dan pemadam kebakaran yang datang mematikan api.  Nampak, sejumlah staf dari UPT KPH Kabupaten Sikka yang bersiaga dan berjuang mematikan api menggunakan alat seadanya.

Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah Kabupaten Sikka, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  B Herry Siswadi, belum bisa memastikan berapa luas lahan yang terbakar.

Baca juga: Penyegelan Lahan Berlanjut

Ia menyebut, UPT KPH Sikka berkoordinasi dengan Polsek Waigete, Koramil Talibura, dan pihak Kecamatan Waigete guna memadamkan api.

Namun, upaya pemadaman masih menggunakan peralatan seadanya. Ada 3 titik api yang menimbulkan kebakaran bisa diperkirakan kurang lebih 4 hektare. Angin yang kencang menyebabkan api cepat merambat ke sejumlah titik.

Pihak UPT KHP Sikka dibantu aparat TNI dan Polri berhasil memadamkan satu dari tiga titik apai. Sedangkan ada 2 titik api yang saat ini belum bisa dipadamkan.

Selang satu jam kemudian, petugas BPBD serta mobil tanki dari Keuskupan Maumere datang membantu memadamkan api.

Puhak KPH mengonfirmasi, ada 3 titik api yang menimbulkan kebakaran telah menghanguskan hutan dan lahan seluas kurang lebih 4 hektar. angin yang kencang mengakibatkan api cepat merambat ke sejumlah titik.

Para petugas UPT KPH Sikka, terbagi untuk memadamkan api di tiga titik, menggunakan peralatan seadanya.  Hingga berita ini diturunkan, api sulit dipadamkan karena angin kencang.

Beruntung, pihak BPBD Kabupaten Sikka mengerahkan 1 unit mobil tanki  bersama satu unit mobil tanki dari Keuskupan Maumere datang membantu meadamkan  api.

Petugas KHP kesulitan mendeteksi sumber api yang menyebabkan Kebakaran di hutan lindung ini. Api diduga akibat puntung rokok yang dibuang orang yang tidak bertanggung jawab.

Kawasan hutan Lindung Egon Ili Medo seluas 19.400 Ha. Dari total luas Kawasan hutan lindung itu, tercatat 20 Hektar lahan sudah hangus terbakar.  (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More