Senin 30 September 2019, 13:33 WIB

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Beroperasi 2021

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Beroperasi 2021

Antara/Raisan Al Farisi
Foto udara konstruksi untuk perlintasan kereta cepat Jakarta-Bandung di Buahbatu, Bandung Jawa Barat.

 

GUNA mempersiapkan masa operasi pada 2021 mendatang, sistem operasional dan perawatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah dipersiapkan secara matang. Di antaranya manajemen sumber daya manusia, pengembangan TOD, dan bisnis non-kereta. 

Dari sisi tenaga kerja,  PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku pemilik proyek saat ini sudah mulai melakukan perekrutan sumber daya manusia (SDM) yang bekerja sama dengan instansi pendidikan yang berkaitan dengan bidang perkeretaapian.

SDM yang terpilih akan mengikuti sejumlah program yang telah dipersiapkan oleh perusahaan. Pada saat operasional kereta cepat nanti, tidak kurang dari 1.500 personel profesional akan terlibat aktif di dalamnya. 

Dalam upaya persiapan SDM mulai dari penyerapan tenaga kerja professional hingga penyusunan peraturan dan standar saat ini terus dipersiapkan.

PT KCIC juga turut menjalin kerjasama dengan instansi lain untuk turut terlibat menjadi bagian dari sejarah dalam mewujudkan pembangunan moda transportasi modern antarkota.

Hal itu diimplementasikan nyata oleh PT KCIC dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama (MoU) dengan MRT Jakarta pada Selasa (10/9) lalu. 

Sementara itu, sebagai pionir dalam dunia perkeretaapian modern, PT KCIC dan MRT Jakarta bersepakat untuk melakukan transfer knowledge terkait dengan sistem operasional dan pemeliharaan sarana yang mencakup pengembangan kompetensi sumber daya manusia, inovasi hingga strategi pengembangan TOD dan bisnis non-kereta lainnya. 

"Kerja sama tersebut akan melahirkan sinergi yang baik serta menjadi simbol komitmen perusahaan transportasi massal perkeretaapian Tanah Air dalam upaya mewujudkan sistem transportasi massal yang terintegrasi untuk mendukung kemudahan mobilisasi masyarakat perkotaan khususnya Jakarta - Bandung di masa depan," ujar Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra saat menyaksikan langsung proses instalasi girder di casting yard #1 Cikarang Barat pada Senin (30/9). (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More