Senin 30 September 2019, 13:16 WIB

Anies Perintahkan Satpol PP Jaga Ambulans Saat Demo Berlangsung

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Anies Perintahkan Satpol PP Jaga Ambulans Saat Demo Berlangsung

Antara/Reno Esnir
Wartawan mengambil gambar mobil ambulans milik Pemprov DKI Jakarta yang ditahan di Halaman Polda Metro Jaya, Jakarta.

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan bahwa ambulans yang dikirimkan tidak disusupi atau digunakan oknum yang tidak bertanggung jawab. Pihak pemprov akan menerjunkan Satpol PP untuk bersiaga menjaga ambulans bersama tenaga medis di tempat.

Hal tersebut berkaitan dengan adanya muncul tudingan dari Polda Metro Jaya yang menyebut ambulans milik pemprov DKI Jakarta dan Palang Merah Indonesia (PMI) diduga disusupi oknum yang membawa batu dan bensin saat aksi demo pada (25/9) lalu. Namun, Pemprov DKI menampik hal tersebut

"Petugas kami yang bertugas sudah mengikuti SOP dan tertib kok. Bahkan sekarang untuk penanganannya kita mendampingi mereka dengan petugas Satpol PP. Jadi petugas-petugas kita mendampingi (petugas) ambulan," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota, Jakarta, Senin (30/9).

Hari ini (Senin/30/9) diketahui sejumlah kelompok massa yang terdiri dari mahasiswa berunjuk rasa di depan Gedung DPR, Istana Merdeka dan titik lainnya untuk menolak Revisi Undang-Undang KUHP dan KPK.

Anies juga menegaskan ambulans milik pemprov DKI tidak disusupi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Memang (ambulans kami) tidak pernah digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Ambulans itu digunakan secara bertanggung jawab, sudah jelas itu," kata Anies.

Lebih lanjut Anies mengatakan pemerintah provinsi (pemprov) DKI siap mengirim ambulans apabila dibutuhkan saat aksi demontrasi berlangsung. Pihaknya berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk mengirim ambulans.

"Begini perlu di catat, bahwa Pemprov DKI mengirimkan ambulans itu berdasarkan permintaan polda. Jadi kalau kita mengirimkan bukan inisiatif kita sendiri saja, tapi selalu ada permintaan polda dan kita kirimkan," terang Anies.

Saat ini pun polisi sudah mengantisipasi keamanan dengan mengalihkan arus lalu lintas di depan Gedung DPR/MPR. Lalu lintas dari arah Semanggi ke Slipi akan dilihkan ke Jalan Gerbang Pemuda.

 Polda Metro Jaya juga menyiagakan seribu personel kepolisian gabungan berjaga di area sekitar Istana Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More