Senin 30 September 2019, 13:15 WIB

Terkait Pengamanan Demo, Anies Serahkan ke Polisi

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Terkait Pengamanan Demo, Anies Serahkan ke Polisi

MI/SASKIA ANINDYA PUTRI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi adanya aksi demonstrasi di depan Gedung DPR dan beberapa titik di Jakarta, Senin (30/9) siang ini. Anies mengaku terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk menjamin keamanan di Jakarta.

"Koordinasi kita jalan terus. Jadi, tiap waktu itu kita komunikasi terus baik di level pimpinan (polisi) maupun jajarannya," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin (30/9).

Lebih lanjut Anies mengatakan pemerintah provinsi (pemprov) DKI siap mengirim ambulans apabila dibutuhkan saat aksi demontrasi berlangsung. Pihaknya berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk mengirim ambulans.

"Begini perlu dicatat, Pemprov DKI mengirimkan ambulans itu berdasarkan permintaan Polda. Jadi, kalau kita mengirimkan bukan inisiatif kita sendiri saja, tapi selalu ada permintaan Polda baru kita kirimkan," terang Anies.

Baca juga: Digeruduk Empat Demo, Istana Dijaga Seribu Aparat Gabungan

Kemudian ia juga menuturkan, pengiriman ambulans bukan hanya diperlukan saat ada aksi demonstrasi saja.

Pemprov DKI kerap mengirimkan ambulans pada saat kegiatan atau event olahraga yang diikuti ribuan peserta.

"Di semua kegiatan kita biasa mengirimkan ambulans. Kegiatan apa pun yang ada di Jakarta kita sering kirimkan. Kegiatan olahraga pun kita kirimkan. Jadi bukan datang hanya pada saat demo tapi lomba juga kita kirim, setahu saya itu. Ini bukan sesuatu hal yang luar biasa," tandas Anies.

Adapun aksi demonstrasi oleh mahasiswa yang dilakukan hari ini merupakan kelanjutan demo sebelumnya. Mereka menuntut penolakan Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan RUU KUHP.

Saat ini, pun polisi sudah mengantisipasi keamanan dengan mengalihkan arus lalu lintas di depan Gedung DPR/MPR. Lalu lintas dari arah Semanggi ke Slipi akan dilihkan ke Jalan Gerbang Pemuda.

Pagi ini, rute Trans-Jakarta juga kembali mengalami pengalihan. Rute yang dialihkan terutama yang bersinggungan dengan gedung DPR/MPR. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More