Senin 30 September 2019, 12:30 WIB

Tersangka Rusuh Wamena bukan Warga Lokal

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Tersangka Rusuh Wamena bukan Warga Lokal

ANTARA/Iwan Adisaputra
Kantor Bupati Jayawijaya yang dibakar massa di Wamena, Jayawijaya, Papua

 

KARO Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya telah menetapkan 5 tersangka terkait kericuhan di Wamena, Papua. Sebagian besar tersangka bukan merupakan warga setempat.

"Kepala suku sendiri sudah berkomunikasi dengan penyidik dari Polri dan TNI. Dari hasil pemeriksaan, ditetapkan 5 tersangka. Pelakunya sebagian besar bukan warga Wamena tapi juga ada pelaku dari luar Wamena," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/9).

Para tersangka itu dijerat pasal160 KUHP dan atau 170 KUHP dan atau 187 KUHP. Namun, Dedi belum merinci peran kelima tersangka tersebut.

Baca juga: TNI Evakuasi 3.100 Masyarakat dari Wamena ke Jayapura

Sebelumnya, kerusuhan pecah di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua pada Senin (23/9) lalu. Aksi unjuk rasa yang melibatkan ribuan peserta itu berujung pada perusakan fasilitas publik hingga kantor bupati setempat.

Kerusuhan tersebut menyebabkan 32 orang meninggal dunia, 77 orang luka-luka, dan 1.500 warga pendatang harus mengungsi dari Wamena, Papua. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More