Senin 30 September 2019, 11:19 WIB

NasDem Jepara Sokong Kekuatan Saudara NasDem di Daerah Tetangga

Akhmad Safuan | Nusantara
NasDem Jepara Sokong Kekuatan Saudara NasDem di Daerah Tetangga

MI/Akhmad Safuan
Sekretaris DPD Partai NasDem Jepara Nur Hidayat.

 

PARTAI NasDem Jepara akan memberikan dukungan kepada politikus Partai NasDem di daerah tetangga yang akan ikut dalam kompetisi Pilkada serentak 2020 mendatang. Langkah tersebut ditempuh untuk memenangi pemilihan kepala daerah (Plkada).

Dari pemantauan Media Insonesia Senin (30/9) kendati pelaksanaan Pilkada serentak yang digelar di 21 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah masih  satu tahun lagi, namun penggalangan dukungan dari partai NasDem mulai bergaung. Berbagai manuver pun mulai dilakukan.

Sebagian para bakal calon telah secara terang-terangan menyatakan diri siap maju di Pilkada 2020 mendatang. Namun sebagian sosok masih belum secara gamblang atau masih malu-malu untuk menyatakan diri sebagai kandidat dalam Pilkada 2020.

Kandidat dari PDIP mulai terus terang untuk menunjukkan diri sebagai kandidat pada Pilkada 2020. Sebaliknya, beberapa partai mullai menjaring kandidat dengan diam-diam dan bergerilya dengan alasan sembari menunggu perkembangan politik.  

Partai NasDem di beberapa daerah memilih sikap untuk memantau untuk melihat dinamika yang terjadi di daerah, meskipun belum melakukan penjaringan dan sekaligus menentukan calon.

Akan tetapi, beberapa calon potensial dan parpol mulai mendekati NasDem tetutama daerah yang memiliki kursi potensial di DPRD setempat seperti Demak yang memilliki ena, kursi, Rembang tujuh kursi, dan Blora tujuh kursi.

"Ya kita terus jalin komunikasi dengan partai lain, sudah ada dua partai yang mengajak gabung yakni PKB dan Hanura untuk usung calon di Pilada
nanti," kata Ketua DPD Partai NasDem Blora Sri Sudarmini.

Potensi untuk kembali kembali berkoalisi dengan PKB sebagaimana Pilkada 2015 kemungkinan kembali terulang.

Namun Sri Sudarmini menegaskan peluang kandidat dari partai lain tetap terbuka untuk menambah kekuatan, meskipun koalisi dua partai sudah mencukupi untuk mengusung calon ikut berkompetisi. Pasalnya PKB memiliki delapan kursi dan NasDem tujuh kursi di Kabupaten Blora.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD Partai NasDem Demak, Budi Achmadi, hingga saat ini belum menentukan calon meskipun beberapa sudah mendekat, termasuk partai yang ada.

"Dengan enam kursi di DPRD Demak kita tetap akan koalusi jika ingin usung calon sendiri," imbuh Budi Achmadi.

Sementara itu, DPD Partai NasDem Jepara yang tidak ikut dalam Pilkada serentak 2020 juga tidak berdiam diri. Namun NasDem Jepara siap mendukung kandidat dari NasDem dalam Pilkada 2020 di kota atau kabupaten lain.

Sekretaris DPD Partai NasDem Jepara Nur Hidayat mengatakan dukungan terhadap NasDem Demak, Rembang dan Blora untuk dapat memenangi pilkada mendatang telah memalui pembahasan di internal partai.

"Kita akan memberikan dukungan penuh dengan menurunkan kader-kader terbaik untuk mensosialisasikan calon di daerah tetangga," imbuhnya.

Kader terbaik NasDem Jepara, lanjut Nur Hidayat, masih disiapkan untuk diturunkan ke daerah tetangga yang akan berkompetisi di Pilkada 2020.

Selain itu ribuan anggota Sahabat Lestari di daerah yang akan pilkada juga telah siap untuk mendukung calon yang akan diusung NasDem.

"Pokoknya kita siap mendukung gerak dan langkah di lapangan," tambahnya. (OL-09)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More