Senin 30 September 2019, 08:30 WIB

Jaksa Ukraina Sebut tidak Ada Alasan Selidiki Keluarga Biden

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Jaksa Ukraina Sebut tidak Ada Alasan Selidiki Keluarga Biden

AFP/Olivier Douliery
Calon kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden

 

MANTAN jaksa penuntut umum Ukraina Yuriy Lutsenko mengatakan kepada BBC, Senin (30/9), tidak ada alasan bagi negaranya untuk menyelidiki rival politik Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Joe Biden.

Lutsenko mengatakan penyelidikan terhadap Biden dan putranya harus dimulai di AS.

"Saya tidak tahu alasan untuk menyelidiki Joe Biden atau Hunter Biden, menurut hukum Ukraina," ujarnya.

Upaya Trump meminta Ukraina menyelidiki dugaan korupsi keluarga Biden memicu penyelidikan pemakzulan oleh Partai Demokrat.

Transkrip percakapan Trump dengan Presiden baru Ukraina Volodymyr Zelensky, 25 Juli lalu, menunjukkan Trump mendesaknya menyelidiki tuduhan korupsi yang dialamatkan kepada Biden dan putranya, Hunter Biden.

Baca juga: Trump Kecam Demokrat atas Proses Pemakzulannya

Trump dan sekutunya menyebut Biden, kala itu merupakan wakil presiden Barack Obama, mendorong pemecatan jaksa penuntut utama Ukraina, Viktor Shokin, karena ia menyelidiki perusahaan gas alam Ukraina, Burisma, yang mempekerjakan Hunter Biden.

Hunter Biden menjadi direktur di Burisma pada 2014, sementara ayahnya memegang peran penting dalam kebijakan AS terhadap Ukraina.

Biden, saat ini, menjadi kandidat presiden Demokrat untuk menghadapi Trump dalam pemilihan umum presiden November 2020.

Berbicara kepada BBC, Lutsenko--yang menggantikan Shokin dan mundur bulan lalu--mengatakan tidak ada rencana membuka penyelidikan terhadap Burisma dan penyelidikan apa pun terhadap Hunter Biden harus dimulai di AS.

"Masalah itu adalah yurisdiksi AS," ujarnya seraya menambahkan 'kemungkinan penggelapan' atau korupsi di Burisma terjadi dua atau tiga tahun sebelum Hunter Biden menjadi anggota direktur di Burisma.

Lutsenko juga mengatakan ia telah bertemu dengan pengacara pribadi Donald Trump, Rudy Giuliani, yang bertanya kepadanya apakah mungkin menyelidiki keluarga Biden di negaranya.

"Saya memberitahunya sama dengan yang saya katakan padamu--itu bukan yurisdiksi saya," jelasnya. "Ini kemungkinan besar masuk yurisdiksi AS. Jika Anda mengirimi saya surat permintaan, ya, saya akan memberi Anda semua informasi resmi, tetapi berkait penyelidikan bukan yurisdiksi Ukraina--itulah jawaban saya."

Ditanya apakah ada bukti yang mungkin dimiliki Ukraina terhadap Bidens, Lutsenko mengatakan, "Saya tidak dapat melakukan apa pun (atas suatu kasus) yang tidak berhubungan dengan hukum Ukraina." (BBC/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More