Senin 30 September 2019, 04:30 WIB

Kualitas Udara Jakarta Nomor 10 Terburuk di Dunia

Kualitas Udara Jakarta Nomor 10 Terburuk di Dunia

ANTARA
Kualitas Udara Jakarta Nomor 10 Terburuk di Dunia

 

BERDASARKAN data Air Visual, US air quality index (AQI) atau indeks kualitas udara di Jakarta tercatat di angka 141 PM2.5 konsentrasi 52 µg/m³ pada pukul 15.22 WIB.

Menurut data tersebut, di antara 91 kota besar di seluruh dunia, Jakarta menempati urutan 10 sebagai kota berkualitas udara buruk.

Di tempat pertama dengan kota paling buruk kualitas udaranya saat ini ialah Kuwait dengan mencatat angka sebesar 171. Lalu diikuti Kota Chengdu, Tiongkok, dengan angka 164. Di tempat ketiga ada Shenyang, Tiongkok, ­dengan kualitas udara terburuk di angka 161.

Kota lainnya yang tercatat memiliki kualitas udara terburuk ialah Lima, Peru. Lalu ada Tashkent, Uzbekistan, kemudian ada Shenzen, ­Tiongkok, lalu Hong Kong, dan peringkat kesembilan ada Hanoi, Vietnam.

Selain Air Visual, Media Indonesia juga menggunakan aplikasi Airlief, yang mencatat kualitas udara di Jakarta di angka 124 atau unsatisfactory. Pun dengan aplikasi lain seperti BreezoMeter Air, yang menyebut kualitas udara Jakarta di angka paling rendah yakni 17 dari 100 poin.

Sebelumnya data Air Visual mencatat Jakarta menempati posisi pertama sebagai kota yang memiliki kualitas udara terburuk di dunia, Kamis (5/9).
Dengan peringkat ke-10 ini, menurut Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, hal itu sejalan dengan hasil evaluasi atas penerapan kebijakan perluasan ganjil-genap (gage) pada minggu kedua bahwa angka kemacetan berkurang dan terjadi percepatan laju kendaraan di jalan gage. Dengan berkurangnya kemacetan, polusi kendaraan bermotor juga berkurang. 

“Data Airnav sejalan dengan upaya Pemprov DKI meningkatkan kualitas udara dengan berbagai cara,” tandasnya. (Ins/J-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More