Senin 30 September 2019, 00:45 WIB

Nafa Urbach Ingin Ciptakan Peluang Kerja

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Nafa Urbach Ingin Ciptakan Peluang Kerja

MI/Permana
Aktris Nafa Indria Urbach

 

PENYANYI sekaligus aktris Nafa Indria Urbach atau akrab dipanggil Nafa Urbach, 39, tengah sibuk membesarkan bisnis kopinya yang baru dirintis belakangan ini. Nafa ingin memberikan sumbangsih besar terhadap bangsa ini dengan membuka banyak lapangan pekerjaan untuk anak-anak muda. 

“Menurut survei, 60% orang tidak bekerja. Ini yang membuat saya berpikir untuk membuka franchise dan juga program pelatihan menjadi barista,” kata Nafa Urbach ketika ditemui dalam talkshow di Financial Club, Graha CIMB Niaga, Jakarta, Jumat (27/9).

Dari awal, pemilik album Hatiku Bagai Terpenjara (1996) itu sudah yakin bahwa bisnisnya ini akan berjalan lancar mengingat kopi dan budaya ngopi begitu lekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Terbukti, res­pons masyarakat terhadap bisnis kopi berlabel CLBK (Cara Loe buat Kopi) miliknya sangat besar meskipun baru tiga bulan dirilis ke pasar. 

“Bahkan, sudah banyak yang mendaftar untuk buka franchise,” cetus perempuan berdarah Jawa-Belanda-Jerman itu.

Kedai kopi pertama yang dibangunnya bersama saudara dan sahabatnya itu pertama kali dibuka pada 27 Juli 2019 di Tangerang, Banten, dengan menghadirkan ragam minuman kopi yang enak dengan penyajian mudah dan harga terjangkau.

Lewat bisnis waralaba atau franchise, politikus Partai NasDem itu ingin membuka peluang usaha sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi anak-anak bangsa. 
“Dari 3 bulan lalu, sudah ada 230 orang yang mendaftar membuka franchise. Namun, hingga saat ini kami baru buka 50 kedai. Akhir tahun ditargetkan 100 kedai,” kata Nafa.

Pelatihannya dapat diikuti anak muda yang memang memiliki minat dan hobi besar atas pekerjaan menyajikan kopi yang dapat ikut serta secara gratis. Para calon barista ini, nantinya disalurkan kepada franchise kopi CLBK yang baru dibuka.


Tidak kapok

Pada Pemilu 2019, Nafa maju sebagai caleg lewat Partai NasDem untuk Dapil Jawa Tengah VI yang mencakup wilayah Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Purworejo. 

Selisih suara Nafa hanya terpaut tipis 240 suara dengan kandidat lain yang lolos. Karena itu, Nafa mengaku tidak kapok dan akan kembali mencalonkan diri di Pemilihan Umum 2024 mendatang. 

“Tidak berhenti sampai di sini, kita akan persiapkan lagi lebih matang, lebih serius, lebih giat, dan lebih semangat lagi untuk pemilu mendatang,” ucapnya di media sosialnya, beberapa waktu lalu.

Diakuinya, pengalamannya kampanye blusukan ke berbagai wilayah saat pencalonannya kemarin, membuatnya lebih mengerti dan paham arti dari seorang wakil rakyat yang memang harus berbaur dengan warga.

Dalam aksinya, ibu dari Mikhaela Lee Jowono, 8, itu lebih banyak mengampanyekan pentingnya melawan perundungan (bullying), berkaca dari pengalaman anaknya yang pernah mendapat perlakuan tak menyenangkan di media sosial. 

“Saya tak ingin anak-anak lain mendapatkan perlakuan serupa dan ingin mencegah perundungan itu terulang ke anak-anak lain,” tuturnya. (H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More