Minggu 29 September 2019, 22:40 WIB

Xi Jinping Beri Penghargaan untuk Sahabat Tiongkok

Xi Jinping Beri Penghargaan untuk Sahabat Tiongkok

AFP
Presiden Tiongkok Xi Jinping Beri Penghargaan untuk Sahabat Tiongkok

 

PRESIDEN Tiongkok, Xi Jinping, kemarin menganugerahkan medali dan gelar kehormatan kepada sejumlah tokoh nasional dan internasional yang dianggap telah berjasa.

Upacara penghargaan itu merupakan bagian dari perayaan HUT ke-70 Tiongkok. HUT Tiongkok yang akan digelar Selasa (1/10) mendatang akan dimulai dengan parade militer besar-besaran di Beijing, yang bertujuan menunjukkan kemunculan Tiongkok sebagai negara adidaya global.

Seorang antropolog sekaligus pengajar Kanada yang lahir pada 1915, Isabel Crook, merupakan penerima hadiah tertua. Menurut kantor berita resmi Xinhua, Isabel telah menetap di Tiongkok sejak Republik Rakyat Tiongkok belum didirikan pada 1949.

Wanita berumur ratusan tahun yang lahir di kota barat daya Chengdu itu dianggap telah memberikan kontribusi luar biasa dalam upaya pendidikan Tiongkok dan pertukaran persahabatan dengan negara-negara asing.

Sementara itu, mantan Perdana Menteri Prancis, Jean-Pierre Raffarin, yang merupakan kawan lama bagi Tiongkok juga mendapat penghargaan. Raffarin diakui atas komitmen jangka panjang mempromosikan persahabatan Tiongkok dan Prancis. 

Penerima penghargaan tokoh internasional lainnya, termasuk mantan Presiden Kuba Raul Castro dan Putri Thailand Maha Chakri Sirin dhorn. Total ada 42 tokoh mendapat penghargaan meskipun hanya 29 penerima yang hadir pada upacara itu. 

Di sisi lain, HUT Tiongkok berisiko dikalahkan oleh protes prodemokrasi di Hong Kong. Penyelenggara protes telah berjanji akan melancarkan demonstrasi besar. Penulis dan aktivis Hong Kong, Kong Tsung-gan, mengatakan protes ini tentunya merusak narasi partai yang dibuat dengan cermat bahwa massa akan puas dengan kemakmuran tanpa hak politik. Polisi Hong Kong me nolak izin penyelenggaraan beberapa protes dengan alasan keamanan publik. (AFP/Hym/Uca/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More