Minggu 29 September 2019, 14:36 WIB

Wartawan Senior Aristides Katoppo Tutup Usia

Adiyanto | Humaniora
Wartawan Senior Aristides Katoppo Tutup Usia

Dok Mapala UI
Foto terakhir almarhum Aristides Katoppo di Gunung Semeru, beberapa hari lalu.

 

WARTAWAN senior sekaligus salah seorang pendiri harian Sinar Harapan Aristides Katoppo, 81, dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Minggu (29/9) sekitar pukul 12.05 WIB.

"Ini kami juga mau melayat tapi belum tahu apa ke rumah sakit atau ke rumah duka," kata Luki Sutrisno, salah seorang rekan almarhum dalam mendaki gunung, saat dihubungi Minggu (29/9) siang.

Semasa hidupnya, selain sebagai wartawan, Tides akrab dengan mahasiswa Universitas Indonesia, khususnya yang tergabung dalam Mapala UI. Dia bahkan menjadi anggota kehormatan mahasiswa pecinta alam tersebut dengan nomor anggota 050. Tides juga merupakan rekan naik gunung almarhum Soe Hok Gie. Tides sekaligus saksi hidup meninggalnya aktivis mahasiswa angkatan 66 tersebut di Gunung Semeru pada Desember 1969.

Menurut Luki, beberapa hari lalu Tides ingin kembali mendaki Semeru untuk memeringati 50 tahun kematian Hok Gie. 'Dia ngotot mau ke sana tapi naik mobil. Entah dia sampai di Ranu Pane atau Ranu Kumbolo. Pokoknya desa terakhir yang bisa dicapai kendaraan. Terus semalam Tides panas dan muntah lalu dibawa ke RS Abdi Waluyo, Jakarta. Pagi dia kritis dan gak lama menghembuskan nafas terakhir," ujar Luki menuturkan cerita rekannya yang sempat berkomunikasi dengan istri almarhum.

Kata Luki, sore ini jenazah Tides akan disemayamkan di RS Gatot Soebroto, Jakarta.

Kepergian Tides juga merupakan kehilangan bagi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) karena dia merupakan salah seorang pendiri organisasi wartawan tersebut.

"Telah berpulang ke rumah Bapa di surga, eks wartawan senior Sinar Harapan/Suara Pembaruan dan pendiri AJI (Aliansi Jurnalis Independen) *Aristides Katoppo*, pada hari Minggu 29 September 2019, sekitar pk 12:05. (Info dr Ign Haryanto). #RIPAristidesKatoppo," tulis Komisaris Utama PT Adhi Karya (Persero), Fadjroel Rachman di akun Twitternya @fadjroeL. (A-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More