Minggu 29 September 2019, 12:45 WIB

Thunberg Pimpin Demonstrasi Perubahan Iklim di Montreal

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Thunberg Pimpin Demonstrasi Perubahan Iklim di Montreal

AFP/Minas Panagiotakis/Getty Images
Greta Thunberg

 

AKTIVIS remaja Greta Thunberg mendesak Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan para pemimpin dunia lainnya untuk berbuat lebih banyak bagi lingkungan ketika ia memimpin setengah juta demonstran di Montreal sebagai bagian dari gelombang global unjuk rasa iklim.

Perempuan Swedia berusia 16 tahun itu bertemu secara pribadi dengan Trudeau. Tetapi, ia mengatakan pada konferensi pers dengan para pemimpin adat setempat bahwa ia 'tidak cukup berbuat' untuk mengekang gas rumah kaca yang bertanggung jawab atas pemanasan global.

"Pesan saya untuk semua politisi di seluruh dunia adalah sama. Dengarkan saja dan bertindak berdasarkan sains terbaik yang ada saat ini," ujarnya.

Thunberg menjadi berita utama di seluruh dunia awal pekan ini dengan viralnya pidato "How Dare You?" di KTT iklim PBB, menuduh para pemimpin dunia mengkhianati generasinya.

"Kalian telah mencuri mimpi saya dan masa kecil saya dengan kata-kata kosong kalian," ujar Thunberg, yang tampak marah dan hampir menangis.

Baca juga: Aktivis Iklim Greta Thunberg Menangi Penghargaan Hak Asasi Swedia

Remaja yang kerap tampil berkepang itu telah mengilhami jutaan anak muda, tertarik padanya karena semangat dan gaya retorikanya yang matang--yang diartikulasikan dalam bahasa Inggris yang nyaris sempurna--yang memungkiri usia mudanya.

"Luar biasa kita bersatu sedemikian rupa untuk tujuan bersama," kata Thunberg kepada kerumunan orang di Montreal yang bersorak.

Ia menambahkan, "Jika orang-orang yang berkuasa tidak akan mengambil tanggung jawab mereka, kita akan melakukannya."

"Minggu ini, para pemimpin dunia dari seluruh dunia berkumpul di New York. Mereka sekali lagi mengecewakan kita dengan kata-kata kosong dan rencana yang tidak mencukupi," lanjutnya.

Trudeau dan para pemimpin partai Kanada lainnya mengambil napas sejenak dari kampanye pemilihan yang ketat untuk bergabung dengan Thunberg dalam pawai Montreal--bersama dengan sekitar 500.000 pengunjuk rasa, menurut penyelenggara.

Berjalan bersama istri dan anak-anaknya, Trudeau berbaur dengan kerumunan riuh yang mengacungkan plakat bertuliskan "Respect Mother Earth" dan "Make America Greta Again"--plesetan slogan kampanye yang dipopulerkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang skeptis dengan perjanjian iklim Paris. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More