Rabu 27 Januari 2016, 12:52 WIB

Sambangi Juve, Inter cuma Underdog

Achmad Maulana | Olahraga
Sambangi Juve, Inter cuma Underdog

AP/Luca Bruno

DI saat tim-tim lain sudah mulai padu dengan skuat mereka, Inter Milan justru tampil angin-anginan. Inkonsistensi terus dipertontonkan Nerazzurri.

Itu bisa dilihat dari beberapa laga terakhir tim besutan Roberto Mancini tersebut. Tidak mengherankan jika mereka tidak diunggulkan saat menghadapi Juventus pada laga pertama semifinal Coppa Italia, dini hari nanti.

Apalagi laga tersebut berlangsung di Juventus Stadium, kandang 'si Nyonya Tua'. Ditambah lagi dari beberapa pertemuan terakhir dengan Bianconeri, Inter tidak pernah menang.

Dari lima pertemuan sebelumnya, Inter tercatat dua kali kalah dan sisanya imbang. Situasi itu tidak dimungkiri para punggawa Inter. Karena itu, mereka harus benar-benar fokus jika tidak mau menelan kekalahan ketiganya dari Juventus.

"Kami tidak boleh melupakan laga terakhir (melawan Carpi) karena itu bisa menjadi pelajaran buat kami. Jika kami memenangi laga itu, mungkin kami bisa lebih percaya diri saat menghadapi Juventus. Tapi kini kami harus bekerja keras untuk memperbaiki performa," cetus gelandang Inter, Felipe Melo.

"Jika kami fokus, saya yakin kami bisa. Kami hanya perlu bekerja sedikti lebih keras lagi. Kami punya peluang melakukan Derby d'Italia di luar kandang. Itu menarik," lanjut pemain asal Brasil tersebut.

Pernyataan Melo itu memang tidak berlebihan. Jika bisa melewati hadangan Juve, Inter amat mungkin akan menghadapi rival sekota mereka AC Milan yang pada saat hampir bersamaan ditantang klub divisi tiga Alessandria.

Persoalannya kembali pada performa kedua tim, terutama pada pertengahan periode musim ini. Bianconeri sukses bangkit setelah mengawali start buruk dengan menuai 11 kemenangan beruntun di liga, tapi sebaliknya dengan Inter. Mereka hanya mampu memetik tiga kemenangan dari delapan laga terakhir.

Akibatnya, tim besutan Roberto Mancini tergelincir ke posisi keempat klasemen sementara Seri A. Sebaliknya Bianconeri yang sebelumnya sempat terbenam di papan bawah, kini berada di posisi kedua dengan hanya tertinggal dua angka dari pemuncak klasemen Napoli.

Pun ada laga terakhir kedua tim. Ketika Inter hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Carpi yang bermain dengan sepuluh pemian, skuat racikan Massimiliano Allegri sukses melibas salah satu tim favorit, AS Roma, 1-0.

"Kami bisa membuat peluang (di laga terakhir), tapi kami harus lebih cerdas untuk memanfaatkan peluang itu menjadi gol," cetus Mancini.

Tetap fokus
Arsitek Juventus Massimiliano Allegri mengaku tidak mau terbuai dengan segala macam statistik. Menurut dia, setiap pertandingan selalu punya aura berbeda. Karena itu, mereka hanya perlu fokus menghadapi laga tersebut.

"Kami tidak akan mengakhiri musim ini di liga pada 8 Mei, kemudian 21 Mei di Coppa Italia, dan 28 Mei di Liga Champions," cetus Allegri.

"Kami punya jadwal ke depan, tapi kami harus menjaga level ini. Seperti yang selalu saya katakan, tetap tenang, fokus dalam setiap pertandingan. Dalam beberapa bulan terakhir para pemain sukses menjaga performa mereka," imbuhnya.

"Kompetisi masih panjang, ketika Anda bersaing di banyak kompetisi seperti yang kami lakukan, yang paling penting adalah menjamin bahwa kami bisa mengakhirinya dengan satu atau dua trofi," tukas Allegri.

Inter yang telah mengoleksi tujuh trofi Coppa Italia melaju ke babak empat besar setelah menyingkirkan Cagliari dan Napoli, sedangkan juara 10 kali, Juventus, melenggang ke semifinal setelah mengalahkan Torino dan Lazio. (AFP/AP/R-1)

Baca Juga

MOHD RASFAN / AFP

Lorenzo: Yamaha Tidak Banyak Berubah Sejak Kutinggalkan

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 21:40 WIB
Mesinnya tak terlalu meningkat. Lorenzo membandingkan telemetri dengan motor yang dipakainya pada 2016, tak terlalu...
AFP/Andre Isakovic

Tanpa Penonton, GP Austria Resmi Jadi Seri Pembuka F1

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:11 WIB
Sirkuit Red Bull Ring Austria akan menjadi tuan rumah dua balapan pertama F1 musim ini yakni pada 5 Juli dan 12...
MI/Ramdani

Maksimalkan Persiapan Tunggal Putra

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:45 WIB
Indonesia meloloskan dua wakil tunggal putra ke Olimpiade Tokyo 2020 yang diadakan tahun depan, yaitu Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya