Sabtu 28 September 2019, 20:36 WIB

Legislator Muda Harus Sensitif dengan Isu Kekinian

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Legislator Muda Harus Sensitif dengan Isu Kekinian

MI/M. Irfan
Peneliti CSIS Arya Fernandes

 

KINERJA DPR RI periode 2014-2019 di mata penieliti Center for Strategic and Analysis Studies (CSIS) Arya Fernandes belum menonjol, termasuk peran politikus muda.

Karena itu, ia berharap legislator muda pada DPR periode 2019-2024 bisa melahirkan solusi dari persoalan bernuansa kekinian yang dihadapi Indonesia.

"Saya tidak bisa melihat perbedaan antara legislator muda dan senior dari sisi kinerja di periode 2014-2019 karena hampir semua senada dengan sikap partai masing-masing. Yang berbeda paling menonjol untuk wakil rakyat muda paling Budiman Sudjatmiko karena berhasil mengeluarkan gagasan dan itu gol menjadi UU yakni soal dana desa," katanya kepada Media Indonesia, Sabtu (28/9).

Baca juga : DPR lanjutkan Pembahasan RKUHP di Periode Mendatang

Menurut dia, legislastor yang berasal dari generasi muda patutnya berani mengeluarkan ide yang inovatif, solutif dan adaptif terhadap persoalan terkini. Sayangnya hal itu tidak muncul pada anggota dewan periode saat ini.

Padahal, kata dia, representasi kaum muda patutnya menjembatani ide segar yang dapat menjawab tantangan bangsa saat ini. Sebut saja menyangkut financial technology, isu urbanisasi, lapangan kerja untuk generasi milinial dan isu turunannya.

"Itu mungkin yang kita impikan atau harapkan dari legislator muda ke depan. Mereka harus memberikan gagasan segar yang masuk dalam setiap produk legislasi serta tidak seperti saat ini yang membebek seperti menyangkut isu UU KPK, RKUHP sampai Pemasyarakatan," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

Pascaditangkap KPK, Akun Instagram Edhy Prabowo Menghilang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 November 2020, 09:20 WIB
Dalam postingan terakhir Edhy di akun @edhy.prabowo yang dipantau Media Indonesia, terlihat unggahan kegiatan kerja Edhy di Amerika...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Ditangkapnya Edhy Prabowo akan Pengaruhi Elektabilitas Gerindra

👤Cindy Ang 🕔Kamis 26 November 2020, 08:03 WIB
"Alasannya, sederhana saja, Edhy Prabowo merupakan anak emasnya Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto....
Dok MI ROMMY PUJIANTO

Politisi NasDem Tuding Rocky Gerung Fitnah Gerindra

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 06:54 WIB
Rocky menyebut Gerindra akan membalas dendam setelah Edhy Prabowo ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya