Sabtu 28 September 2019, 17:53 WIB

Pemerintah Buka Pemblokiran Internet di Wamena

Dhikia Kusuma Winata | Humaniora
Pemerintah Buka Pemblokiran Internet di Wamena

Antara/Iwan Adisaputra
Warga Wamena memadati bandara untuk meninggalkan daerah itu akibat kerusuhan

 

PEMERINTAH akhirnya membuka kembali layanan data internet di Kabupaten Wamena, Papua. Normalisasi mulai berlaku sejak Sabtu (28/9) pukul 09.00 WIT.

Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu mengatakan pembukaan kembali layanan data internet dilakukan setelah mempertimbangkan situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Wamena telah pulih dan normal.

Langkah itu didasarkan koordinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan.

"Pemerintah tak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian berbasis SARA, hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial, agar situasi dan kondisi keamanan di Papua yang telah kondusif tetap terjaga," ujarnya di Jakarta, Sabtu (28/9).

Baca juga : PLN Buka Posko Pelayanan di Wamena

Untuk diketahui, pemerintah melakukan pemblokiran internet di Kabupaten Wamena pada Senin (23/9) lalu setelah terjadi aksi unjuk rasa dan kerusuhan massa. Pemerintah menengarai kejadian di wilayah tersebut dipicu beredarnya informasi hoaks, kabar bohong dan ujaran kebencian.

Ferdinandus menambahkan pembukaan kembali layanan data internet juga dilakukan di sejumlah titik (sites) di Kota Jayapura yang sebelumnya masih mengalami pembatasan internet.

"Seluruh layanan telekomunikasi dan internet di 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua dan 13 kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat telah berfungsi normal seperti semula," tuturnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Dahlan Iskan Ungkap Tiongkok sudah Ciptakan Vaksin Anti-Covid-19

👤Henri Siagian 🕔Selasa 26 Mei 2020, 11:04 WIB
Dia menjelaskan, setidaknya riset yang dipimpin oleh ahli epidemiologi and virologi di militer Tiongkok Chen Wei, sudah diuji coba sebanyak...
Dok Agus Suparto/Biro Pers Sekretariat Presiden

Sambut New Normal, Jokowi Minta Pengetatan Protokol Kesehatan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:04 WIB
"Kita harapkan nantinya dengan dimulainya TNI dan Polri ikut secara masif mendisiplinkan masyarakat, menyadarkan masyarakat,...
Ist

Kampus IPDN Gelar Halalbilahal di Tengah Pandemi

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 09:57 WIB
Kegiatan tersebut dilakukan atas perintah Rektor IPDN untuk menghibur praja yang selama ini melakukan karantina di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya