Sabtu 28 September 2019, 17:53 WIB

Pemerintah Buka Pemblokiran Internet di Wamena

Dhikia Kusuma Winata | Humaniora
Pemerintah Buka Pemblokiran Internet di Wamena

Antara/Iwan Adisaputra
Warga Wamena memadati bandara untuk meninggalkan daerah itu akibat kerusuhan

 

PEMERINTAH akhirnya membuka kembali layanan data internet di Kabupaten Wamena, Papua. Normalisasi mulai berlaku sejak Sabtu (28/9) pukul 09.00 WIT.

Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu mengatakan pembukaan kembali layanan data internet dilakukan setelah mempertimbangkan situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Wamena telah pulih dan normal.

Langkah itu didasarkan koordinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan.

"Pemerintah tak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian berbasis SARA, hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial, agar situasi dan kondisi keamanan di Papua yang telah kondusif tetap terjaga," ujarnya di Jakarta, Sabtu (28/9).

Baca juga : PLN Buka Posko Pelayanan di Wamena

Untuk diketahui, pemerintah melakukan pemblokiran internet di Kabupaten Wamena pada Senin (23/9) lalu setelah terjadi aksi unjuk rasa dan kerusuhan massa. Pemerintah menengarai kejadian di wilayah tersebut dipicu beredarnya informasi hoaks, kabar bohong dan ujaran kebencian.

Ferdinandus menambahkan pembukaan kembali layanan data internet juga dilakukan di sejumlah titik (sites) di Kota Jayapura yang sebelumnya masih mengalami pembatasan internet.

"Seluruh layanan telekomunikasi dan internet di 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua dan 13 kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat telah berfungsi normal seperti semula," tuturnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More