Sabtu 28 September 2019, 09:39 WIB

Warga Brebes Syukuran Gelar Ratiban

Supardji Rasban | Nusantara
Warga Brebes Syukuran Gelar Ratiban

MI/Supardji Rasban
Upacara Ratiban sebagai ucapan rasa syukur warga Brebes kepada Sang Pencipta, Sabtu (28/9).

 

RATUSAN warga Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah berjalan kaki sepanjang lebih dua kilometer, menyusuri hutan pinus dan balai desa menuju komplek objek wisata Telaga Ranjeng, Sabtu (28/9). Dalam arak-arakan tersebut warga membawa puluhan tumpeng yang dihiasi sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik. Tak hanya itu, warga juga dihibur dengan tari ronggeng yang merupakan seni tradisional yang telah lama ada di desa yang terletak di kaki Gunung Slamet itu.
     
Sesampainya di Telaga Ranjeng, rombongan warga desa itu kemudian memanjatkan doa sebelum makan bersama. Usai berdoa, tumpeng-tumpeng itu dimakan bersama warga sambil menikmati keindahan alam.

Kepala Desa Pandansari, Irwan Susanto, menuturkan acara arak-arakan tumpeng yang digelar tersebut merupakan wujud syukur kepada Sang Pencipta atas karunia kekayaan alam yang bukan hanya melimpah terutama berupa sayur mayur. Dikenal dengan nama Ratiban.
     
"Kondisi alam di desa kami juga sangat eksotis dan berhawa sejuk cocok untuk pengembangan sektor wisata," ujar Irwan.
     
Menurut Irwan budaya Ratiban tersebut sebenarnya merupakan tradisi Desa Pandansari dan merupakan warisan leluhur secara turun temurun namun telah lama ditinggalkan.

"Kami terpanggil untuk menghidupkan kembali, terutama bagi generasi milenial," terang Irwan.

Tokoh pemuda Desa Pandansari, Mafrukhi, optimistis melihat dari segi sektor wisata Desa Pandansari masih bisa dikembangkan lagi.

"Kami berharap nantinya bisa lebih banyak memberikan devisa bagi Pemerintah Kabupaten Brebes," ucap Mafrukhi yang juga anggota DPRD Brebes.

baca juga: Bantuan Air Bersih Terus Digelontorkan

Desa Pandansari terletak di lereng Gunung Slamet yang masuk wilayah Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Selain memiliki Telaga Ranjeng juga Kaligua  yang saban-hari terutama pada hari libur ramai dikunjungi wisatawan. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More