Sabtu 28 September 2019, 07:31 WIB

Wagub Sumbar Terbang Ke Jayapura Pastikan Kondisi Perantau Minang

Antara | Nusantara
Wagub Sumbar Terbang Ke Jayapura Pastikan Kondisi Perantau Minang

Antara
Warga memadati Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Jumat (27/9). Mereka meninggalkan Wamena pascakerusuhan yang terjadi Senin (23/9).

 

WAKIL Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit terbang ke Jayapura, Papua, untuk memastikan kondisi perantau Minang di daerah itu. Sebab banyak informasi tidak jelas yang beredar di tengah masyarakat.   

"Saya diperintahkan Gubernur untuk meninjau langsung kondisi perantau di situ. Hasilnya nanti akan dijadikan dasar untuk mengambil kebijakan selanjutnya," kata Nasrul di Padang, Jumat (28/9) malam.

Nasrul Abit berangkat menuju Jakarta dengan penerbangan malam sekitar pukul 20.55 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pesawat pertama dari Jakarta ke Papua.       

Penerbangan itu akan transit di Makasar dan di Timika sebelum sampai di Jayapura. Diperkirakan ia akan mendarat, Sabtu (28/9) sekitar pukul 11.00 WIT di Jayapura.    

"Kita kunjungi Jayapura dulu karena banyak perantau yang mengungsi ke sana. Jika memungkinkan kita masuk ke Wamena," katanya.  
 
Nasrul mengungkapkan banyak informasi yang datang dari Papua saat ini, tetapi sebagian isinya berbeda-beda. Karena itu perlu memastikan sendiri bagaimana kondisi sebenarnya di lokasi.    

"Sebelumnya ada informasi yang menyatakan banyak perantau Minang yang ingin eksodus dari Papua. Tapi kita belum bisa pastikan," ujarnya.        

Asrul akan mengecek jumlah perantau Minang yang ingin pulang dan bertahan di Papua.

"Untuk mereka yang ingin pulang, kita akan berupaya carikan solusi," tambahnya.

baca juga: Jumlah Pasien Korban Demo Wamena-Jayapura masih Didata

Ikut dalam rombongan itu sejumlah pejabat dari Biro Pembangunan dan Kerjasama Rantau, Biro Bina Mental, Dinas Sosial, dan Kesbangpol Sumbar. Sebelumnya kerusuhan yang terjadi di Wamena, Jayawijaya mengakibat 10 orang perantau Minang asal Pesisir Selatan meninggal.    Delapan jenazah dibawa pulang untuk dimakamkan di tanah kelahiran. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More