Jumat 27 September 2019, 21:00 WIB

PKN 2019 Dipastikan Ramah Disabilitas dan Inklusif

mediaindonesia.com | Humaniora
PKN 2019 Dipastikan Ramah Disabilitas dan Inklusif

Dok Kemendikbud
Ilustrasi penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional

 

PELAKSANAAN Pekan Kebudayaan Nasional (PKN), yang akan berlangsung 7- 13 Oktober di Istora Senayan dipastikan berjalan dengan baik, sehingga dapat diminati masyarakat luas.

Optimisme itu disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Sri Hartini.

Sri menyebutkan pelaksanaan PKN tidak hanya menghadirkan para artis, musisi, seniman, budayaan, permainan tradisional dan juga tempat ruang interaksi budaya untuk semua kalangan.

"Tanpa batas usia, profesi, suku, pilihan politik, ataupun agama. Ini adalah ruang inklusif," Jelas Sri.

Bahkan ditegaskan Sri panitia telah menyiapkan ruang yang ramah, baik tempat dan juga pertunjukan serta pameran yang diikuti teman-teman disabilitas.

Baca juga : Seniman Ternama Ikut Terlibat di Pekan Kebudayaan Nasional 2019

"Tidak hanya disabilitas fisik, namun juga untuk teman-teman dengan disabilitas mental serta neuro disabilitas," paparnya.

Lanjut Sri, sebelum pelaksanaan akan diselenggarakan launcing PKN yaitu pada tanggal 6 Oktober mendatang.

"Minggu 6 Oktober kita akan melakukan permainan tradisional di sela-sela Car Free Day ( CFD). Kegiatan Pawai menuju pembukaan PKN. Nanti banyak pertujukan dan hal-hal yang menarik, tentunya untuk pembelajaran dan wawasan bagi masyarakat luas," katanya.

Dalam PKN ada lima kegiatan utama, diantaranya kompetisi permainan rakyat, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi kebudayaan, pergelaran karya budaya bangsa, dan pawai budaya dalam kegiatan PKN yang berlangsung di Istora Senayan itu.

Kemendikbud memperkirakan 15 ribu orang setiap harinya  akan datang. Semua itu tujuannya untuk masyarakat luas, tak lain sebagai ruang interaksi bagi berbagai komunitas sangat minim, akibat acap kali terjadi ketegangan sociokultural.

Empat panggung utama yang disiapkan oleh Kemendikbud RI dalam acara tersebut: Panggung Nusantara, Panggung Kaebauk, Panggung Siger, dan Panggung Guyub. Masing-masing panggung punya agenda menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Selama 6 hari, area Istora dan parkir selatan Gelora Bung Karno akan disulap jadi penuh warna. Selain menggelar pameran dan kompetisi permainan tradisional, Pekan Kebudayaan Nasional 2019 juga akan menyuguhkan beragam pertunjukkan seru, mulai dari ekshibisi kebudayaan, pergelaran karya budaya bangsa, hingga konferensi pemajuan kebudayaan.

Yang tak kalah penting, akan hadir pula sederet pegiat seni dan artis kenamaan Tanah Air setiap harinya. Beberapa di antaranya sebut saja Rahayu Supanggah, Ki Manteb, Didi Kempot, Barasuara, Navicula, hingga Ras Muhamad, Maliq n d essential. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More