Jumat 27 September 2019, 23:58 WIB

Indonesia Serukan Jaga Multilaterisme untuk Perdamaian

Akmal Fauzi | Internasional
Indonesia Serukan Jaga Multilaterisme untuk Perdamaian

Jeri Wongiyanto/SetwapresRI
Wapres Jusuf Kalla berpidato di sidang Umum PBB

 

KESUKSESAN misi PBB akan ditentukan bagaimana Badan ini mampu memperkuat multilateralisme untuk perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Hal itu dinyatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat Pidato Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB) ke-74 di General Assembly Hall, Markas Besar PBB, New York, Jumat (27/9) waktu setempat.

"Kita hidup dalam dunia dengan tantangan yang semakin kompleks dan berat," kata JK dalam keterangan resmi yang disampaikan juru bicara Wapres, Husain Abdullah, Jum’at (27/9).

JK menyerukan semua negara harus bersatu untuk memperkuat multilateralisme. Menurutnya, setiap negara baik negara besar maupun negara kecil tidak akan mampu menyelesaikan tantangan tersebut sendiri.

Baca juga : Komitmen Junjung HAM, Wapres Bertekad RI Masuk Dewan HAM PBB

"Untuk itu, kita harus bekerja sama. Kita harus saling berbagi tanggung jawab," ujarnya.

Lebih jauh JK mengungkapkan, selama lebih dari tujuh dekade ini, multilateralisme selain telah menyelamatkan negara dari tragedi perang dunia, juga mengantarkan masyarakat dunia kepada kesejahteraan ekonomi dan kemajuan teknologi.

"Indonesia meyakini hanya dengan nilai-nilai multilateralisme, dunia ini akan semakin stabil, damai dan sejahtera," paparnya.

"Indonesia juga meyakini, hanya melalui penguatan multilateralisme, PBB dapat menunaikan kewajibannya untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia dan merealisasikan pembangunan serta pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia bagi Semua," tambah JK. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More