Jumat 27 September 2019, 21:30 WIB

Rektor tidak Berwenang Atur Kehidupan Mahasiswa di Luar Kampus

Intan Yunelia | Humaniora
Rektor tidak Berwenang Atur Kehidupan Mahasiswa di Luar Kampus

ANTARA FOTO/Moch Asim
Rektor Universitas Airlangga (Unair), Mohammad Nasih.

 

REKTOR Universitas Airlangga (Unair), Mohammad Nasih, mengatakan, pihaknya tak memiliki kewenangan mengatur kegiatan mahasiswa di luar kampus. Termasuk salah satunya kegiatan demonstrasi di luar kampus yang merupakan hak personal setiap mahasiswa.
 
"Rektor tidak punya kewenangan untuk mengatur kehidupan mahasiswa di luar kampus. Mau pacaran, mau dakon, mau ngafe itu sepenuhnya kegiatan personal. Termasuk demo adalah kegiatan personal," kata Nasih saat dihubungi Medcom.id, Jumat (27/9).
 
Nasih mengaku tidak bisa menghalang-halangi biar mahasiswa untuk turun ke jalan apalagi gerakan mahasiswa ini sudah massif di beberapa kota. Yang perlu dilakukan cukup mengamankan dan memberikan anjuran agar demonstrasi berjalan tertib dan tidak melanggar hukum.


Baca juga: Hotel Borobudur Jakarta Raih Penghargaan Green Hotel


"Pada sisi lain kita tahu bahwa arus dan rencana demo mahasiswa sudah cukup masif. Sangat sulit dan tidak mungkin dibendung dan dihalang-halangi," ujar Nasih.
 
Nasih hanya bisa mengimbau kepada para mahasiswa agar tidak terprovokasi pihak tak bertanggung jawab. Yang melenceng dari tujuan awal berdemonstrasi.
 
"Yang mungkin hanyalah diatur dan dikelola agar tidak melanggar aturan, tidak mengganggu hak orang lain," pungkasnya. (Medcom/OL-1)

 

Baca Juga

Antara

Menag: Pandemi Korona Ujian Ketakwaan Umat Islam

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 23:55 WIB
"Pandemi ini mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang benar-benar bertakwa yang memiliki keseimbangan antara spiritual vertikal...
MI/ Vicky Gustiawan

Pasien Rawat Inap di Wisma Atlet Berkurang 50 Orang

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 21:50 WIB
Sejak beroperasi pada 23 Maret, sampai dengan 24 Mei 2020, sebanyak 1.875 pasien telah dinyatakan sembuh setelah dirawat di RS Darurat...
Ist/KLHK

Saat halal Bi Halal, Dubes Inggris Apresiasi Menteri LHK RI

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Mei 2020, 21:41 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins mengapresiasi kepemimpinan Menteri Siti Nurbaya di sektor kehutanan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya