Kamis 26 September 2019, 08:10 WIB

Berpikir Positif Memperpanjang Umur

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Berpikir Positif Memperpanjang Umur

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

ORANG yang optimistis cenderung hidup lebih lama. Demikian kesimpulan sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Proceedings of National Academy of Sciences.

'Optimisme secara khusus terkait dengan rentang hidup 11%-15% lebih lama, rata-rata, dan peluang lebih besar untuk mencapai umur panjang, yakni hidup sampai usia 85 atau lebih', tulis laporan itu.

Peneliti Amerika Serikat mempelajari data survei yang dikumpulkan dari 69.744 perempuan dan 1.429 pria. Mereka diminta menilai tingkat optimisme dan kesehatan serta kebiasaan mereka secara keseluruhan.

Hubungan antara tingkat optimisme dan umur panjang disesuaikan berdasarkan beberapa faktor, termasuk demografi dan perilaku kesehatan.

"Penelitian lain menunjukkan orang yang lebih optimistis dapat mengatur emosi, perilaku, dan bangkit kembali dari stres serta kesulitan," kata Laura Kubzansky, yang terlibat dalam penelitian ini. (Xinhua/Hym/X-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More