Rabu 25 September 2019, 16:09 WIB

Perangi Berita Hoaks di Papua, Pemda Kota Sorong Gandeng Pers

Martinus Solo | Nusantara
Perangi Berita Hoaks di Papua, Pemda Kota Sorong Gandeng Pers

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Sejumlah warga yang tergabung dalam Solidaritas Masyarakat Jogja Cinta Papua Damai melakukan unjuk rasa di kawasan Nol Kilometer Yogyakarta

 

GUNA mencegah penyebaran berita hoaks yang sering memicu kerusuhanseperti di Wamena, Papua, beberapa waktu lalu, Pemda Kota Sorong melalui bagian humas menggelar Forum Group Diskusi (FGD) bersama wartawan di Tempat Wisata Moi Park, Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (25/9).

Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau, mengatakan peran pers sangat strategis untuk mencegah hoaks marak disebarkan lewat media sosial baik di Papua dan Indonesia pada umumnya.

"Pemberitaan media massa mengandalkan croscek sehingga berita berimbang menjadi pencegah berita hoaks di media sosial," jelas Jitmau.

Baca juga: Hoaks Picu Demo, Polri Rekomendasikan Pembatasan Internet

Menurutnya, undang-undang pers no 40 Tahun 1999 menjadi payung hukum untuk melindungi pers di dalam pemberitaan yang mencegah hoaks. Di era perkembangan media sosial ini, lanjut Jitmau, pers harus menjadi benteng, untuk melawan berita hoaks.

Selanjutnya, pers diminta untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, agar hati-hati di dalam menanggapi setiap berita hoaks. 

Lewat pers juga, kata dia, pemberantasan berita hoaks bisa diminimalisasi di tengah masyarakat Papua dan Indonesia pada umumnya. (A-4)

Baca Juga

MI/Cikwan Suwandi

Pasangan Cellica-Aep Tawarkan Program Tata Kelola Lingkungan

👤Cikwan Suwandi 🕔Selasa 24 November 2020, 13:15 WIB
Aep mengatakan, Karawang memiliki Pegunungan Sanggabuana yang merupakan generator alam terpenting untuk sejumlah kabupaten khususnya...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Ditemukan Jejak Macan di Merapi

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 24 November 2020, 13:05 WIB
Pekerja proyek perbaikan jalan akses pengungsian Singlar-Ngancar Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman menemukan...
Istimewa

Pemuda Pancasila Imbau Jangan Pasang Baliho Provokatif

👤Bagus Suryo 🕔Selasa 24 November 2020, 12:55 WIB
Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila di Kabupaten Malang, Jawa Timur mengimbau masyarakat jangan ikut-ikutan memasang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya