Rabu 25 September 2019, 12:58 WIB

AS Tekan Tiongkok Terkait Hong Kong

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
AS Tekan Tiongkok Terkait Hong Kong

AFP/Saul Loeb
Presiden AS Donald Trump

 

AMERIKA Serikat (AS) terus menekan Tiongkok di Majelis Umum PBB, Selasa (24/9) waktu setempat. Washington menggalang negara-negara lain untuk menentang perlakuan Beijing terhadap muslim Uighur dan memperingatkan untuk mengawasi perkembangan di Hong Kong.

Presiden Donald Trump menyerang sesama anggota Dewan Keamanan melampaui serangan khasnya terhadap Tiongkok pada perdagangan internasional.

"Dunia sepenuhnya berharap pemerintah Tiongkok akan menghormati perjanjian yang mengikatnya ... (dan) melindungi kebebasan dan sistem hukum Hong Kong serta cara hidup yang demokratis," kata Trump kepada Majelis Umum PBB.

"Bagaimana Tiongkok memilih untuk menangani situasi akan membuktikan banyak tentang perannya di dunia dan masa depan," imbuh taipan Partai Republik di forum diplomatik di New York.

Baca juga: Demonstrasi Berkepanjangan, Ekonomi Hong Kong Karut Marut

Itu menjadi salah satu pidato yang paling melengking tentang situasi di Hong Kong sejak protes anti-pemerintah terjadi di pusat keuangan dunia tiga bulan lalu.

Demonstrasi telah memicu krisis politik pusat keuangan Asia terbesar sejak penyerahan kota itu dari Inggris ke Tiongkok pada 1997. Trump menuntut penghormatan atas perjanjian serah terima yang memberikan wilayah itu ‘otonomi tingkat tinggi’, sistem peradilan, legislatif, dan eksekutifnya sendiri, dan perlindungan cara hidup mereka.

Dia mengatakan dunia mengandalkan Presiden Tiongkok Xi Jinping sebagai pemimpin besar yang bisa menyelesaikan krisis. (AFP/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More