Rabu 25 September 2019, 12:23 WIB

Petani Simalungun Adukan PTPN IV ke Presiden

Akmal Fauzi | Nusantara
Petani Simalungun Adukan PTPN IV ke Presiden

Antara
Ilustrasi: Lahan Blok 47 PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Kebun Tobasari, Simalungun, Sumatra Utara.

 

KELOMPOK Tani Simalungun meminta bantuan Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan sengketa lahan dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV. Mereka berharap lahan yang kini dikuasai PTPN IV itu diserahkan kembali kepada petani.

Sekretaris Gabungan Kelompok Tani Simalungun, Senen, mengatakan pihaknya telah menyampaikan masalah tersebut kepada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pada Selasa (24/9) lalu. Ia pun turut membawa bukti-bukti atas kepemilikan lahan oleh petani.

"Kami memohon pada Bapak Moeldoko maupun Bapak Presiden untuk membantu kami menyelesaikan permasalahan kami selama 35 tahun. Kami tunggu-tunggu belum selesai," kata Senen, Rabu (25/9).

Baca juga:BPBD Bojonegoro Beri Bantuan Terpal dan Jerigen untuk Tandon Air

Menurut Senen, PTPN IV sebenarnya telah diminta untuk menyerahkan lahan yang menjadi sengketa itu kepada petani. Lahan yang menjadi sengketa ini seluas 1.538 hektare yang dimiliki oleh sembilan kelompok tani di Simalungun.

Senen menyatakan pihak PTPN IV belum merespons tuntutan para petani. Padahal, kata Senen, pihaknya sudah membawa sejumlah bukti kepemilikan dan keputusan bahwa lahan tersebut harus diserahkan kepada kelompok tani di Simalungun.

Menurutnya, sengketa lahan ini sudah berlangsung sejak 1965. Sejak itu, kata Senen, para petani tetap membayar pajak atas lahan tersebut. Tanah tersebut disebut-sebut sudah menjadi aset negara.

"Selama ini yang kami rasakan belum ada respons dari pihak perkebunan padahal kami sudah memiliki bukti-bukti yang kuat," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah menerima perwakilan petani yang menggelar aksi di depan Istana Merdeka, Jakarta. Pertemuan dengan Jokowi di Istana Merdeka terkait tuntutan petani dalam memperingati Hari Tani Nasional. (Mal/A-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aji Styawa

Cuaca Buruk,Tanaman Padi di 7 Desa Terancam Gagal Panen

👤Alexander P Taum 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:43 WIB
Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Nagekeo, NTT menyebabkan tanaman padi siap panen di tujuh desa...
MI/Kristiadi

Ratusan Kendaraan Masuk Jalur Gentong Dipaksa Putar Balik

👤Kristiadi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:07 WIB
Tercatat ada 139 kendaraan roda empat dan roda dua yang diputarbalikkan di Jalur Gantong karena tidak memiliki surat izin masuk ke Jakarta...
itd.unair.ac.id

Tenaga Lab Terpapar Covid-19, LPT Unair Batasi Penerimaan Sampel

👤Henri Siagian 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:07 WIB
Suko mengatakan, penataan internal layanan tes dengan pembatasan penerimaan sampel atau spesimen hanya berlaku...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya