Rabu 25 September 2019, 09:15 WIB

Bolsonaro Tuding Media Berbohong Soal Kebakaran Amazon

Basuki Eka Purnama | Internasional
Bolsonaro Tuding Media Berbohong Soal Kebakaran Amazon

AFP/Drew Angerer/Getty Images
Presiden Brasil Jair Bolsonaro

 

PRESIDEN Brasil Jair Bolsonaro, Selasa (24/9), menyebut berita bahwa Amazon terbakar adalah sebuah kebohongan dan menuding negara yang mengkritik dirinya memiliki semangat kolonialisme.

Berbicara di Majelis Umum PBB, pemimpin sayap kanan itu juga memuji Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menghormati kedaulatan Brasil.

Pidato Bolsonaro itu terjadi sepekan setelah Human Rights Watch menuding Presiden Brasil itu memberi lampu hijau untuk perambah hutan. Bolsonaro juga disebut gagal melindungi hutan hujan terbesar di dunia itu.

"Amazon tidak dihancurkan atau dilalap api. Media berbohong," ujar Bolsonaro dalam pidato selama 32 menit, dua kali lebih panjang dari waktu yang diberikan.

Baca juga: Berbicara di PBB, Thunberg Marahi Para Pemimpin Dunia

"Adalah sebuah kesalahan menyebut Amazon adalah warisan umat manusia dan sebuah miskonsepsi bahwa Amazon adalah paru-paru dunia," imbuhnya.

Bolsonaro juga menyerang para penentangnya dengan menyebut pemberitaan sensasional sola Brasil di media internasional malah membangkitkan nasionalisme di negara Amerika Selatan itu.

"Sejumlah negara, ketimbang membantu, malahan bersikap tidak hormat dan dengan semangat kolonialisme. Mereka bahkan mempertanyakan kedaulatan negara kami," serunya. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More