Selasa 24 September 2019, 21:05 WIB

Empat Lagi Ditemukan, Total 27 Korban Jiwa dalam Kerusuhan Wamena

Marcelinus Kelen | Nusantara
Empat Lagi Ditemukan, Total 27 Korban Jiwa dalam Kerusuhan Wamena

AFP
Kerusuhan di Wamena

 

KORBAN jiwa kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, kembali bertambah. Empat jenazah warga berhasil ditemukan aparat saat membersihkan reruntuhan bangunan yang dirusak dan dibakar massa, pada Senin (23/9) kemarin.

Berdasarkan data yang dihimpun dari aparat TNI-Polri, total 27 korban jiwa akibat kerusuhan di Wamena. Sebanyak 18 di antaranya ditemukan pada Senin, sedangkan 9 korban ditemukan pada hari ini.

Komandan Kodim 1702/Jayawijaya, Letkol Inf Candra Dianto, saat dihubungi dari Jayapura, Selasa (24/9), mengatakan, korban jiwa akibat kerusuhan di Wamena mencapai 27 orang. Sembilan jenazah korban ditemukan pada saat pembersihan reruntuhan bangunan, sejak Selasa pagi.

"Korban sudah 27 orang meninggal. Hari ini 9 orang kita temukan," kata Candra melalui sambungan telepon.

Selain korban jiwa, lanjut Candra, korban luka yang disebabkan dari kerusuhan di Wamena mencapai 70 orang. Menurut dia, sebagian besar korban mengalami luka bakar.

"Ada yang luka bakar, terkena batu, kena panah," terangnya


Baca juga: 8 Orang Asal Pesisir Selatan Meninggal dalam Kerusuhan Wamena


Dia menduga jumlah korban tewas akibat kerusuhan masih akan bertambah karena masih adanya lokasi yang belum dibersihkan.

"Masih akan bertambah karena ini merata sampai daerah-daerah pedalaman mereka beraksi juga," kata Candra.

Korban kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, bertambah. Kepolisian Daerah Papua mencatat korban kerusuhan di wilayah itu sejak Senin (23/9) hingga Selasa (24/9) mencapai 23 orang.

Sebelumnya, Polda Papua mencatat kerusuhan di Wamena menimbulkan 23 korban jiwa. Seluruh korban merupakan warga sipil. Sebagian besar korban meninggal karena terjebak dalam bangunan rumah maupun ruko yang dibakar.

Selain menyebabkan korban jiwa, kerusuhan juga menimbulkan fasilitas pemerintah rusak, termasuk Kantor Bupati Jayawijaya dibakar. Bahkan, 80 unit kendaraan roda empat dibakar massa. Saat ini ribuan warga masih berlindung di sejumlah tempat yang dianggap aman, termasuk rumah ibadah. (OL-1)

 

Baca Juga

dok.123rf

Positif Covid-19 di Kota Malang Capai 2.012 Kasus

👤Bagus Suryo 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:20 WIB
KASUS positif covid-19 di Kota Malang, Jawa Timur sudah menyentuh angka 2.000 an lebih. Angka itu meningkat sembilan kasus dari data sehari...
Antara

Wisatawan ke Cianjur Harus Jalani Rapid Test

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:05 WIB
WISATAWAN yang hendak berlibur di kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menjalani tes cepat (rapid test) di check point Seger...
MI/Heri Susetyo

Maulid Nabi Pemicu Semangat Mengabdi Negara dan Layani Masyarakat

👤Heri Susetyo 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 14:52 WIB
KH Ali Mas’ud mengingatkan kepada yang hadir untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat Allah SWT. Sebab banyak nikmat yang telah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya