Rabu 25 September 2019, 03:15 WIB

Song Lang, Surat Cinta Leon Le Untuk Vietnam

Fathurrozak | Weekend
Song Lang, Surat Cinta Leon Le Untuk Vietnam

IMDB
Film Song Lang berkisah tentang seorang penagih utang dan bintang opera.

Song Lang merupakan film feature perdana Leon Le setelah sebelumnya menggarap beberapa film pendek. Film yang sepenuhnya berlokasi di Vietnam ini berkisah dua sosok, Dung si penagih utang, dan Phung aktor Cai Luong, teater tradisional Vietnam. Mulanya keduanya hidup pada garis yang berbeda. Utanglah yang menjadi titik perlintasan pertemuan keduanya.

Song Lang menjadi medium penerjemahan gagasan penjelajahan waktu Le, yang dalam film disampaikan oleh Phung (Isaac). Menurutnya, manusia bisa menjelajah waktu melalui tiga cara: orang, objek, dan tempat. Phung mencontohkan, ketika mencium bau bensin, ia akan teringat dengan perjumpaan perdananya dengan Dung (Lien Binh Phat). Tampaknya ini pula yang diartikan Le dalam filmnya, ketika ia menggarap Song Lang, yang berlatar pada medio 1980-an.

Song Lang menjadi medium penjelajahan waktu Le pada masa kanak-kanaknya di Saigon. Visual yang ditampilkan, baik dari tata artistik, dan palet warna sangat mengimpresikan bahwa kita tengah berada dalam kenangan-kenangan silam si sutradara. Le juga memilih untuk memberikan nuansa lawas dengan berbagai ambience dari radio, pengeras suara yang bersumber dari gereja, pengamen, serta dominasi musikal dari atas panggung Cai Luong. Tidak lain, film ini juga menjadi love letter-nya untuk Vietnam.

Song Lang tidak hanya kuat secara visual. Muatan cerita yang dimiliki beresonansi lebih tebal dengan cara bertutur yang subtil. Pada satu sisi, Le menunjukkan kerentanan seorang penagih utang. Bagaimana mereka kerap kali dipersepsikan negatif oleh publik, dan risiko keselamatan yang sewaktu-waktu bisa tercuri.

Pada wajah lain, Le mengejek ketika seni yang beririsan dengan realisme kehidupan. Sinisme itu Le sampaikan melalui Dung yang dipersonakan bitter-nihilist. Seni terkadang hanya menampilkan sesuatu yang bertopeng, dan tidak lebih jujur dari kehidupan. Termasuk bagaimana Phung yang kerap tampil dengan emosi yang kurang optimal saat ia refleksikan saat bermain Cai Luong.

Le juga seolah ingin menunjukkan bahwa yang terkadang menerima stereotipe seperti Dung, justru ialah manusia yang paling jujur, menunaikan tugas sesuai yang ia jalani dalam hidupnya.

Sensibilitas lain yang Le kemukakan juga ialah bagaimana keintiman kedua karakter utamanya, Dung dan Phung melalui chemistry ciamik Lien dan Isaac. Secara subtil Le tengah mengajukan pertanyaan bagaimana bila seandainya tumbuh perasaan di antara mereka berdua. Kita bisa menangkap emosi yang ingin dikemukakan lewat film ini tanpa ia harus secara telanjang mempertontonkan sensualitas keduanya. Justru melalui metafora di atas panggung, isyarat tubuh dan perenungan dari masing-masing yang menghidupkan imajinasi kita atas pertanyaan yang diajukan Le.

Song Lang menjadi film yang komplet. Secara visual berhasil membahasakan narasi yang diajukan. Sekaligus kuat dengan penceritaan yang memiliki kepekaan nilai-nilai humanisme yang terkadang teramat personal namun juga beresonansi pada nilai yang universal.

Film ini juga tak ubahnya menjadi medium kita untuk mengenal kultur sesama tetangga Asia. Film ini tayang dalam program Festival 100% Manusia yang berlangsung hingga (29/9), dan Song Lang masih akan tayang pada (27/9) di Pusat Kebudayaan Prancis di Jakarta, IFI Thamrin. (M-2)

Baca Juga

University of Calgary/DailyMail

Arkeolog Temukan Mumi Tumbal Ritual Suku Inca Kuno

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:05 WIB
Mumi ini diprediksi berusia lebih dari 500...
Instagram/barliasmara

Jakarta Fashion Week 2021 Hadirkan Tribute to Barli Asmara

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 23:30 WIB
Bentuk penghargaan untuk Barli Asmara berupa pagelaran khusus bertajuk "Tribute to Barli...
MI/Bayu Anggoro

Jelang Libur Panjang, Inilah Kota-Kota Favorit untuk Staycation

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 18:06 WIB
Staycation di penginapan dengan fasilitas lengkap dekat jadi salah satu pilihan wisata yang populer saat ruang gerak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya