Selasa 24 September 2019, 18:21 WIB

BTPN Syariah Edukasi Digitalisasi Nasabah Prasejahtera

Heryadi | Ekonomi
BTPN Syariah Edukasi Digitalisasi Nasabah Prasejahtera

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA
Warga menggunakan fasilitas layanan perbankan digital di Jakarta, Kamis (18/7).

 

ERA digitalisasi yang kini melanda dunia perbankan tidak bisa dihindari. Semua perbankan harus menerapkan digitalisasi dalam operasional mereka supaya tidak tertinggal. 

Tidak terkecuali, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah harus menerapkan digitalisasi meski faktanya nasabah pembiayaannya mayoritas dari kelompok prasejahtera yang bahkan banyak belum mengenal telepon seluler.

Direktur BTPN Syariah, Gatot Adhi Prasetyo, mengakui sebagian besar nasabahnya di luar jangkauan telepon seluler. Namun pihaknya mau tidak mau harus menerapkan digitalisasi karena faktanya nasabahnya sudah mendekati urban dan mulai melek teknologi seiring peningkatan kelas mereka.

"Kami ingin edukasi mereka siap-siap hadapi era digitalisasi. Untuk ke sana kami harus edukasi karyawan lebih dahulu. Misalnya dengan melayani nasabah dengan menggunakan tab (tablet)," ujarnya di Semarang Selasa (24/9).

Gatot mengatakan penggunaan tablet ketika melayani nasabah pembiayaan prasejahtera sebenarnya menjadi upaya menuju digitalisasi.

Baca juga: Pembiayaan BTPN Syariah Capai Rp8,54 T

Namun dia mengungkapkan pihaknya tidak akan buru-buru jangan sampai digitalisasi bukan mempermudah namun justru menjadi beban bagi nasbahnya yang berasal dari keluarga prasejahtera.

"Edukasi nasabah prasejahtera untuk menggunakan telepon seluler untuk bertransaksi tidaklah mudah. Kami coba sediakan sediakan hp (ponsel) mereka lupa pinnya. Jika belum saatnya nanti malah akan menjadi beban. Karena itu kami harus hati hati. Di segmen ini harus benar benar teliti," ujarnya.

Branch Manager BTPN Syariah Area Jateng, Dewi Susilowati, mengatakan nasabah prasejahtera di wilayahnya berjumlah 204 ribu orang. Sementara total nasional jumlah nasabah prasejahtera BTPN syariah nasional 3,6 juta orang.

Busines coach BTPN Syariah Muhammad Bardansyah mengatakan BTPN Syariah merupakan satu satunya bank yang memberikan pembiayaan khusus kelompok prasejahtera. (A-4)

Baca Juga

Antara

PNS Kemenko Perekonomian Work From Office Mulai 27 Mei

👤Rudy Polycarpus 🕔Selasa 26 Mei 2020, 00:51 WIB
"Pada Kamis besok, 27 Mei, Kemenko Perekonomian berencana akan mengambil inisiatif untuk work from office secara terbatas. Dan,...
Antara/M Risyal Hidayat

Dibuka Besok, IHSG Diprediksi Melemah

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 25 Mei 2020, 18:08 WIB
Analis menilai pergerakan IHSG berpotensi rebound pada akhir pekan. Namun, sentimen dari pasar keuangan global patut...
MI/Vicky Gustiawan

Produksi Pertanian dan Sayuran Meningkat, Ekspor Tumbuh Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 17:28 WIB
Pihaknya, berharap momen pandemi ini menjadi momentum untuk makin cinta produk petani...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya