Selasa 24 September 2019, 17:09 WIB

Jalur Pendakian Sindoro-Sumbing Ditutup

Tosiani | Nusantara
Jalur Pendakian Sindoro-Sumbing Ditutup

Antara
Kebakaran Gunung Sumbing

 

KEBAKARAN hutan di Gunung Sindoro dan Sumbing, Jawa Tengah hingga kini belum bisa dipadamkan. Kesatuan Pemangkuan Hutan Kedu Utara menutup jalur pendakian.

"Sejak kebakaran mulai terjadi, jalur pendakian kami tutup untuk keselamatan pendaki," kata Administratur KPH Kedu Utara, Damanhuri, Selasa (24/9).

Terutama di jalur pendakian Gunung Sumbing melalui jalur Walitis dan jalur pendakian Desa Banaran. Di kedua jalur pendakian ini terdapat titik api yang sangat berbahaya bagi pendaki. Kini semua jalur pendakian untuk Gunung Sumbing secara menyeluruh ditutup untuk sementara.

Sebelumnya kata Damanhuri, sebanyak 135 pendaki Gunung Sumbing yang terjebak di puncak gunung saat kebakaran terjadi. Namun berkat kesigapan dan ketangkasan dari tim gabungan, mereka sudah berhasil dievakuasi.

"Semua pendaki dalam kondisi selamat, mereka para pendaki diangkut mengunakan mobil patroli milik Polres Temanggung," lanjutnya.

baca juga: NasDem Buka Pendaftaran Calon Pemimpin Daerah di 9 Kabupaten

Koordinator Organisasi Pengelola Pendakian Sindoro Kembang Arifin menambahkan, saat hutan di lereng Gunung Sindoro wilayah Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Wonosobo terbakar, pihaknya langsung berkoordinasi dengan seluruh pengelola jalur pendakian dan memutuskan untuk menutup sementara jalur pendakian melalui surat pengumuman No:03/SE/IX/2019.

"Jalur pendakian ditutup sementara mulai 23 September sampai batas waktu yang belum ditentukan," pungkasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

ANTARA/Bayu Pratama S

70% Kasus Positif Korona di Kalsel Terjadi di Lima Kabupaten/Kota

👤Denny S 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Total kasus positif virus korona dari lima daerah dari 13 kabupaten/kota di Kalsel ini mencapai lebih 70 persen total kasus yang...
ANTARA/Abriawan Abhe

Disiplin Warga Sulsel Terapkan Protokol Kesehatan masih Rendah

👤Lina Herlina 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Kunci mengatasi pandemi covid-19 adalah peran aktif masyarakat menerapkan protokol kesehatan. "Edukasi perlu dimassifkan," tukas...
ANTARA/ARDIANSYAH

Pancaroba, Warga Sumut Diimbau Waspadai DBD

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 20:35 WIB
 Jika covid-19 dan DBD menjangkiti seseorang secara bersamaan, akibatnya bisa sangat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya