Senin 23 September 2019, 23:05 WIB

87 Mahasiswa dan 9 Polisi Terluka dalam Bentrokan di DPRD Jabar

Antara | Nusantara
87 Mahasiswa dan 9 Polisi Terluka dalam Bentrokan di DPRD Jabar

ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.
Massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jawa Barat bentrok dengan petugas kepolisian saat aksi unjuk rasa di Depan Gedung DPRD Jabar

 

SEBANYAK sembilan aparat kepolisian dan 87 mahasiswa terluka akibat bentrokan yang terjadi saat ribuan mahasiswa melakukan aksi menolak revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) dan UU lainnya di depan Kantor DPRD Jawa Barat, Kota Bandung,  hingga Senin (23/9) malam.  

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi, mengatakan, aparat kepolisian yang terluka langsung dilakukan pertolongan medis dengan dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih, Kota Bandung.    

"Yang penting Pak Kapolrestabes ini berhasil menahan emosi anggotanya, dan ternyata ada juga sembilan polisi orang terluka, sekarang ada di RS Sartika Asih," kata Rudy di Kantor DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.       

Sedangkan para mahasiswa dari berbagai kampus yang terluka akibat bentrokan tersebut dievakuasi ke Universitas Islam Bandung (Unisba) yang berada di Jalan Tamansari, Kota Bandung. Para petugas PMI Kota Bandung juga sudah bersiaga di Unisba untuk membantu penanganan medis.


Baca juga: Mahasiswa Bentrok dengan Polisi di Depan Gedung DPRD Jabar


"Kurang lebih sebanyak 87 orang diobati ke sini, artinya walaupun mungkin dengan sarana seadanya. Alhamdulillah kami bisa berbuat baik," kata Rektor Unisba, Edi Setiadi.

Hingga kini, beberapa mahasiswa yang membutuhkan pertolongan medis tambahan telah dirujuk ke sejumlah rumah sakit.  

Sebelumnya sekitar pukul 18.30 WIB, kerusuhan pecah saat ribuan mahasiswa yang mencoba masuk ke kantor DPRD Jawa Barat dibarikade oleh aparat kepolisian.

Mahasiswa kemudian mencoba mendorong aparat kepolisian yang memakai tameng. Akhirnya kerusuhan terjadi dengan diawali adu pukul antara mahasiswa dan aparat kepolisian saat saling dorong. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

PMI Internasional Bantu APD Covid-19 Untuk Lapas di Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Kamis 26 November 2020, 09:34 WIB
Komite Internasional Palang Merah memberikan bantuan alat kesehatan pencegahan (APD) Covid-19 kepada sejumlah lembaga pemasyarakatan...
MI/Agus Utantoro

GP Ansor dan Banser DIY Tolak Radikalisme dan Intoleransi

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 26 November 2020, 09:31 WIB
"GP Ansor DIY tidak mau NKRI terpecah belah oleh orang-orang yang  berpikir pragmatis dan kelompok-kelompok garis keras dan...
MI/Apul Iskandar

Pemkot Pematangsiantar Bentuk Tim Desk Pilkada

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 26 November 2020, 09:18 WIB
Pemkot Pematangsiantar membentuk Tim Desk untuk melakukan pemantauan, inventarisasi dan mengantisipasi permasalahan selama pilkada yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya