Senin 23 September 2019, 16:00 WIB

Petrokimia Gresik Gandeng KOIN Berdayakan Warung Kelontong

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Petrokimia Gresik Gandeng KOIN Berdayakan Warung Kelontong

Ist
Pendatanganan MoU antara KOIN dan UPZ Baznaz Petrokimia Gresik

 

SOLUSI teknologi yang ditawrakan oleh PT. Ritel Global Solusi melalui aplikasi Toko Indonesia kini akan bisa digunakan oleh mitra Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional PT. Petrokimia Gresik.

Hal itu ditandai dengan penandatangana nota kesepahaman (Mou) antara KOIN  dengan UPZ Petrokimia Gresik di Jakarta, Senin (23/9). Dalam penandatanganan MoU, KOIN diwakili Cheif Operational Officer Tias Brian dan UPZ Petrokimia Gresik diwakili Sekretaris Perusahaan Petrokimia Gresik, Yusuf Wibisono.

Tias mengatakan, solusi teknologi yang ditawarkan pihaknya bukan hanya sebatas memasukkan waruung kelontong mitra UPZ Petrokimia Gresik ke ranah digital, tapi juga memberikan solusi soal insight penjualan dan penyimpanan barang, sehingga menjamin pemilik warung menjual barang yang berkuaitas.

"Perbedaan kami ialah memberikan insight soal penjualan yang selama ini mereka tidak fokus. Jadi bukan seperti marketplace lainnya, kami memberikan data supaya warung kelonting makin berdaya," kata Tias usai penandatanganan MoU.

Tias menegaskan, kerja sama tersebut merupakan komitmen pihaknya untuk memberikan inovasi kemudahan berbelanja di warung secara digital.

Baca juga : KOIN Modernisasi Warung Kelontong Lewat Digitalisasi

Di sisi lain, Ketua UPZ Petrokimia Gresik Yusuf Wibisono mengatakan, kerja sama tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kemandirian ekonomi masyarakat di sekitar perusahaannya, sekaligus memberikan edukasi terkait digitalisasi bisnis.

Dalam kerja sama tersebut, mitra UPZ Petrokimia Gresik akan mendapatkan dana dari Petrokimia Gresik yang berasal dari zakat karyawan Petrokimia Gresik. Selenjutnya, KOIN akan mendampingi mitra dalam hal promosi, edukasi, dam sosialisasi, serta menyiapkan teknologi untuk toko kelontong yang bergabung.

Hingga akhir tahun ini, diharapkan ada 50 mitra yang bergabung dengan program pendanaan UPZ Petrokimia Gresik yang baru berjalan selama 4 bulan tersebut.

"Upaya ini merupakan wujud dukungan Petrokimia Gresik terhadap pemerintah dalam menyiapkan lapangan pekerjaan dimana selama ini serapan tenaga kerja tidak sebanding dengan bonus demografi," kata Yusuf. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Muhammad Iqbal

Batal Terbangkan WNI dari Abu Dhabi, Garuda Minta Maaf

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:36 WIB
Sebelumnya, penerbangan rute Abu Dhabi-Jakarta dijadwalkan pukul 02.50 waktu setempat pada 31 Mei. Manajemen Garuda memastikan kejadian ini...
Ist/Kementan

Mentan SYL: Pekarangan Jadi Sumber Pangan, Tambah Pendapatan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:16 WIB
Kegiatan P2L (Pekarangan Pangan Lestari) merupakan kegiatan pemanfaatan pekarangan pangan yang dilaksanakan oleh Kementan melalui Badan...
Ist/Kementan

Tanami Pekarangan, Mentan SYL: Sumber Pangan & Tambah Pendapatan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:07 WIB
Kementan terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan sebagai komitmen dan tanggung jawab menyediakan bahan pangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya