Senin 23 September 2019, 17:06 WIB

Ajang Balap Mobil di Area GBK Dibatalkan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Ajang Balap Mobil di Area GBK Dibatalkan

MI/Susanto
Kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta

DIREKTUR Utama Pusat Pengelola Kompleks GBK Winarto, memastikan ajang balap mobil yang rencananya bakal diadakan di lingkar luar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) resmi bakal ditunda.

Hal itu diungkapkan Winarto setelah menggelar rapat dengan pihak penyelenggara balapan Orange Racing Comitte, pada Senin (23/9). Sebelumnya, ajang bertajuk Time Attack Challenge 2019 itu rencananya bakal dihelat 4-6 Oktober di area GBK.

Ditangguhkannya ajang GBK Race ini bukan karena banyaknya kecaman dari masyarakat yang menentang adanya balapan di area GBK. Namun, pihak pengelola kompleks GBK tak bisa menyanggupi waktu yang sesuai dengan jadwal balapan.

“Kita harus berbagi tempat, ruang dan waktu di GBK. Kami bilang hanya menyediakan jam sebelas hingga tiga sore saja, karena jam empat sudah mulai ramai lagi,” tutur Winarto.

Winarto menuturkan bahwa waktu untuk menyelenggarakan balapan di GBK tak cukup karena banyaknya minat peserta yang ada. “Untuk sekarang jumlah peserta dikurangi juga susah, mereka sudah pada daftar. Jadi, kesepakatannya ini ditangguhkan dulu, karena waktunya tak cukup,” ujarnya.

“Pihak balapan sudah menghitung satu mobil itu bisa berapa menit. Jadi kalau ada 100 mobil peserta ya dikali sekian. Pergantian dari mobil ke mobil berikutnya juga butuh waktu,” tambahnya.

Winarto pun tak menutup kemungkinan ajang balapan tetap bisa diselenggarakan di GBK. "Kalau memang ada peraturan otomotif harus diselenggarakan di sirkuit, saya tak akan selenggarakan di GBK," ucapnya.

Sebelumnya,  Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, telah meminta agar PPK-GBK tetap menjaga muruah kompleks tersebut sebagai prasarana olahraga. Apalagi yang secara historis, GBK memang identik dengan kegiatan olahraga.

“Bahwasanya ada kegiatan komersial yang tidak terkait olahraga, silakan asal tidak mengganggu kegiatan olahraga itu sendiri," ujar Gatot dalam keterangan resminya, pada Minggu (22/9). (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More