Minggu 22 September 2019, 22:55 WIB

Duo Pembalap Ferrari Dominasi Podium GP Singapura

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Duo Pembalap Ferrari Dominasi Podium GP Singapura

(Photo by ROSLAN RAHMAN / AFP)
Pembalap Ferrari Monegasque yang berada di posisi kedua Charles Leclerc (kiri) menatap podium saat pembalap Ferrari asal Jerman Sebastian Ve

TIM Ferrari sukses menguasai GP Singapura 2019 melalui pembalapnya, Sebastian Vettel, yang keluar sebagai pemenang, serta rekan setimnya, Charles LecLerc, yang tampil sebagai runner up.

Pada balapan yang digelar di sirkuit jalan raya Marina Bay, Minggu (22/9) malam hari, pembalap berkebangsaan Jerman itu mengungguli rekannya Leclerc dan pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen.

Bagi Vettel, ini merupakan kemenangan pertamanya pascaterakhir ia meraih podium di GP Belgia 2018 silam dan podium pertama ini menandakan kemenangannya yang kelima di GP Singapura.

Kemenangan ini juga menunjukkan kembalinya dominasi Ferrari sukses finis di posisi pertama dan kedua setelah terakhir terjadi pada GP Hungaria 2017 silam dan satu-dua pertama Ferrari dalam sejarah GP Singapura.

Sejak awal balapan, pembalap asal Monako itu mempertahankan posisi pertama sejak tikungan awal. Lewis Hamilton pun sukses menyalip Vettel untuk mengamankan posisi kedua. Sedangkan rekan setim Hamilton di Mercedes-AMG, Valtteri Bottas berada di urutan kelima, tepatnya di belakang Verstappen.

Setelah sempat melaju beberapa lap, Leclerc masuk pit dan Hamilton mengambil alih posisi pertama. Vettel kemudian memimpin balapan sementara ketika Hamilton memasuki pit, diikuti Leclerc dan Verstappen. Setelah memasuki pit, Hamilton pun berada di posisi keempat.

Vettel sukses menggunakan strategi yang diberikan tim Ferrari membuat Leclerc frustasi dan harus puas berada di posisi kedua. Padahal, beberapa kali Leclerc berusaha menikung Vettel agar bisa juara tiga kali beruntun.


Baca juga: Tanpa Perlawanan, Marquez Rebut Gelar Kelima GP Aragon


Tabrakan tak terhindarkan terjadi antara Ricciardo dengan Giovinazzi di tikungan tujuh, putaran ke-34. Insiden yang sama dialami Kimi Raikkonen dan Daniil Kvyat di sepuluh putaran terakhir. Raikkonen terpaksa harus menghentikan balapan setelah mobilnya tertabrak oleh Kvyat yang masih sanggup menjalankan balapan.

Duel lebih seru terjadi di antara Verstappen dan Hamilton untuk memperebutkan posisi ketiga. Kedua pebalap hanya berjarak 0,7 detik ketika balapan memasuki dua putaran terakhir. Vettel masih di posisi terdepan dengan selisih lebih dari dua detik dari Leclerc.

Duel memperebutkan posisi ketiga pun kian panas. Hamilton tancap gas dalam untuk merebut posisi ketiga yang dipegang Verstappen. Kedua pembalap pun hanya berjarak 0,7detik ketika balapan memasuki dua putaran terakhir.

Pada lap ke-52, Vettel semakin mempertegas dominasinya setelah membuat putaran cepat yang memuka jarak dengan Leclerc hingga dua detik, dan tentu mengakhiri harapan kemenangan Leclerc.

Dengan demikian, pertarungan memperebutkan posisi pemimpin balapan hanya menyisakan dua pembalap asal Ferrari. Sisanya, perebutan posisi ketiga, antara Hamilton dan Verstappen yang terus terjadi hingga lap terakhir.

"Saya sangat senang sekali bisa finish pertama, dan saya sangat bangga. Tak lupa saya ucapkan terima kasih pada fans karena ini adalah cerita baik bagi saya," tutur Vettel usai memenangi lomba.

Meskipun dilanda frustasi lantaran gagal menang ketiga kali secara beruntun, Leclerc pun mencoba mengerti keinginan tim dan tetap bahagia dengan hasil tersebut.

"Selalu sulit untuk kehilangan kemenangan seperti itu, tapi ini 1-2 untuk tim dan saya senang tentang itu. Kami tiba guna mencari podium di sini tapi kami finis dengan 1-2, jadi itu fantastis bagi kami," ujar Leclerc. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More