Sabtu 21 September 2019, 18:30 WIB

Rakyat Mesir Tuntut Presiden Al-Sisi Mundur

Hhaufan Hasyim salengke | Internasional
Rakyat Mesir Tuntut Presiden Al-Sisi Mundur

AFP
Warga di Kairo turun ke jalan pada Jumat (20/9) malam, menuntut Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi mengundurkan diri.

 

POLISI menembakkan gas air untuk membubarkan pengunjuk rasa di Mesir yang menuntut Presiden Abdul Fattah al-Sisi mengundurkan diri, Jumat (20/9).

Ratusan warga Mesir memenuhi Lapangan Tahrir di Kairo, tempat utama Revolusi Mesir 2011, menuntut pengunduran diri Al-Sisi. Demonstrasi juga terjadi di beberapa tempat lain di seluruh negeri.

Protes itu menanggapi tuduhan korupsi terhadap pemerintah Presiden Al-Sisi. Setidaknya lima orang ditangkap dalam aksi protes itu, lapor kantor berita AFP.

Seorang pengusaha dan aktor Mesir, Mohamed Ali, mengunggah serangkaian video daring yang menuduh Al-Sisi menghabiskan jutaan uang untuk tempat tinggal mewah dan hotel, sementara jutaan orang Mesir hidup dalam kemiskinan. Mesir telah menempuh kebijakan penghematan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden Al-Sisi menolak tuduhan itu dan menyebutnya sebagai ‘kebohongan dan fitnah’.

"Sisi turun" dan "Rakyat ingin menggulingkan rezim" menduduki daftar trending Twitter Mesir pada Jumat malam.

Ratusan pengunjuk rasa antirezim berkumpul di dan sekitar Lapangan Tahrir meskipun ada upaya untuk membubarkan mereka.

Seperti dilaporkan BBC, demonstrasi juga terjadi di kota terbesar kedua di Mesir, Alexandria, serta di Suez, dan Kota Mahalla el-Kubra yang berada di utara Kairo.

Aksi protes telah menjadi sangat langka di Mesir setelah penindasan luas di bawah rezim Al-Sisi, yang mengambil alih kekuasaan setelah ia memimpin kudeta terhadap presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis, Muhammad Mursi, pada 2013. (A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More