Sabtu 21 September 2019, 13:30 WIB

Carter akan Berlaga di NBA untuk Musim Ke-22

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Carter akan Berlaga di NBA untuk Musim Ke-22

AFP/Kevin C Cox/Getty Images
Vince Carter

VINCE Carter akan mencetak sejarah di NBA setelah bergabung dengan Atlanta Hawks, Jumat (20/9). Pemain berusia 42 tahun itu akan berlaga di musimnya yang ke-22 di NBA.

Carter akan menjadi pemain NBA pertama yang bermain selama 22 musim jika diturunkan Hawks pada musim depan. Jika dimainkan pada 2020, Carter juga akan menjadi pemain pertama yang bermain di empat dekade berbeda.

Di antara pemain aktif NBA, Carter memimpin dengan jumlah penampilan 1.481 laga. Jumlah itu menduduki posisi kelima secara keseluruhan, tertinggal 130 laga dari rekor yang dipegang Robert Parish dan 79 di belakang peringkat dua Kareem Abdul-Jabbar.

Hanya bintang Los Angeles Lakers LeBron James yang memikiki jumlah poin dan menit bermain lebih banyak ketimbang Carter yang membukukan 9.186 poin dan 45.491 menit.

Baca juga: Tsai Jadi Pemilik Baru Brooklyn Nets

Carter juga menduduki peringkat ketiga di antara pemain NBA untuk perolehan tembakan tiga angka di belakang bintang Golden State Warriors Stephen Curry dan pemain Milwaukee Bucks Kyle Korver.

Carter merupakan Rookie of the Year 1999 kala membela Toronto Raptors setelah dipilih sebagai pemain kelima dalam Draft NBA 1998.

Dia tampil di ajang NBA All-Star delapan kali secara beruntun antara 2000 dan 2007.

Dijuluki Air Canada karena kemampuan dunk di awal kariernya, Carter mengantarkan Amerika Serikat meraih medali emas Olimpiade pada 2000 di Sydney.

Pemain yang akan berulang tahun ke-43 pada Januari, bermain mayoritas sebagai pemain cadangan di beberpa musim terakhir dengan hanya menjadi starter di sembilan laga dari 76 pertandingan pada musim lalu. Dia membukukan raihan rata-rata 7,4 poin, 2,6 rebound, dan 11 assist per pertandingan.

Selama 21 musim bersama Hawks, Toronto Raptors, New Jersey Nets, Orlando Magic, Dallas Mavericks, Memphis Griezzlies, dan Sacramento Kings, Carter membukukan raihan rata-rata 17,2 poin, 4,4 rebound, 3,2 assist, dan 1 steal per pertandingan.

Pemain NBA lain yang telah bermain selama 21 musim adalah Parish, Kevin Garnett, Kevin Willis, dan Dirk Nowitzki. (AFP/OL-2)

 

Baca Juga

Antara/Moch Asim

Jelang New Normal, IBL Susun Protokol Latihan

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 01 Juni 2020, 13:19 WIB
IBL juga masih menunggu keputusan resmi pemerintah terkait kegiatan olahraga yang diizinkan saat penerapan fase new...
MI/VICKY GUSTIAWAN

New Normal Dorong Kreativitas Pembinaan Atlet

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 01 Juni 2020, 11:54 WIB
Pemberlakuan tatanan normal baru (New Normal), kata Oktohari, bisa mendorong induk cabang olahraga mengembangkan kreativitas pembinaan...
AFP/Maddie Meyer

Pebasket Jaylen Brown Pimpin Aksi Protes di Atlanta untuk Floyd

👤Siti Retno Wulandari 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:15 WIB
Jayley Brown, Tobias Harris, dan LeBron James menyuarakan semangat untuk mengecam kekerasan berbasis rasialis yang kerap terjadi di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya