Sabtu 21 September 2019, 12:15 WIB

Ansu Fati Dapat Kewarganegaraan Spanyol

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Ansu Fati Dapat Kewarganegaraan Spanyol

AFP/PAU BARRENA
Ansu Fati

 

BINTANG muda Barcelona Ansu Fati, Jumat (20/9), mendapatkan kewarganegaraan Spanyol. Itu berarti pemain berusia 16 tahun itu bisa memperkuat timnas Spanyol.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyetujui permintaan dari Kementerian Kehakiman untuk memberikan kewarganegaraan untuk pemain kelahiran Guinea-Bissau itu.

Fati baru berusia tujuh tahun ketika dia hijrah ke Spanyol pada 2009 bersama keluarganya. Kemampuannya mengolah bola membuat dia diundang bergabung dengan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, di usia 10 tahun.

Fati berhak mendapatkan kewarganegaraan Spanyol karena telah memenuhi syarat tinggal minimal 10 tahun di negara itu.

Baca juga: Herrera Selamatkan Muka Simeone

Agustus lalu, Fati menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Barcelona di ajang La Liga. Pada Rabu (18/9) dini hari WIB, dia menjadi pemain termuda El Barca yang tampil di Liga Champions.

Pelatih timnas Spanyol Robert Moreno menyebut debut penuh Fati untuk Barcelona luar biasa setelah pemain itu mencetak satu gol dan memberikan satu assist saat Blaugrana menang 5-2 atas Valencia.

Fati berpeluang tampil membela Spanyol di Piala Dunia U-17 yang akan dimulai pada 26 Oktober dan berakhir pada 17 November.

Namun, pelatih Barcelona Ernesto Valverde menyebut itu akan merugikan Barcelona karena itu berarti Fati terancam absen di tujuh laga Barcelona.

"Kami ingin dia dipanggil timnas. Namun, itu akan merugikan kami karena dia tengah banyak berkontribusi untuk tim," ujar Valverde. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More