Sabtu 21 September 2019, 10:00 WIB

Tasikmalaya Jadi Tuan Rumah Science for All Kemenrisetdikti

Kristiadi | Nusantara
Tasikmalaya Jadi Tuan Rumah Science for All Kemenrisetdikti

Antara/ASN
Ketua Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Kemenrisetdikti Mochammad Syachrial Annas.

 

KEMENTERIAN Riset Teknologi dan dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetdikti) menunjuk Kota Tasikmalaya dalam penyelenggaraan pertama kali di Jawa Barat, sebagai Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Science for All) atau disingkat PP-Iptek sarana pembelajaran bagi sekolah.

Ketua Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Kemenrisetdikti Mochammad Syachrial Annas mengatakan, pameran Science for All di Kota Tasikmalaya, digelar kali pertama untuk mewakili Jawa Barat.

Kegiatan yang dilakukan sebagai tugas, membudayakan sains untuk para pelajar agar mereka kedepannya itu mampu menciptakan teknologi tersebut.

"Hasil evaluasi yang telah dilakukannya, Kota Tasikmalaya terbesar di Jabar dan terpilih dari tujuh daerah di Indonesia untuk membudayakan  Iptek kepada para pelajar. Karena, kami yakin Tasikmalaya sendiri telah menjadi kota santri dan sekarang sudah menjadi Kota Science," kata Syachrial, Sabtu (21/9/2019) di Aula Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya.

Menurut Syachrial, peragaan PP-Iptek  yang ditunjukannya pada pelajar TK, SD, SMP, SMA, dan SMK tentu sangat antusias dan mereka mencoba  teknologi yang dipamerka.

Sebanyak 32 karya sains dipamerkan merupakan  hasil karya anak bangsa. Dengan turut menyaksikan pameran sains tersebut, para pelajar termotivasi untuk mempelajari sains dan teknologi.

Asisten III Administrasi Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkot Tasikmalaya, Kuswa Wardana, mengungkapkan pihaknya sangat menyambut baik dan bersyukur karena Kota Tasikmalaya sendiri telah ditunjuknya untuk penyelenggaraan PP-Iptek dari Kementisetdikti.

"Ini salah satu momentum yang sangat baik bagi masyarakat dan pelajar baik setingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Diperagaan sains ini semua pelajar tentu bisa mengenal, melihat langsung berbagai jenis alat-alat teknologi sangat canggih di pameran sekarang ini," kata Kuswa.

"Pameran tersebut bisa dijadikan bahan motivasi, wawasan dan insfirasi bagi pelajar di berbagai sekolah untuk selalu berkreasi demi kemajuan bangsa Indonesia," tutur Kuswa. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More