Sabtu 21 September 2019, 08:15 WIB

Tim Geni Biru UMB Masuk Final Kompetisi Mobil Hemat Energi 2019

Nurtjahyadi | Humaniora
Tim Geni Biru UMB Masuk Final Kompetisi Mobil Hemat Energi 2019

Dok FT UMB
Seremoni pelepasan tim UMB untuk mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019.

 

BERTEMPAT di Kampus Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Tim Geni Biru Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta menggelar seremoni pelepasan tim untuk mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019.

Pelepasan tim dilakukan Wakil Rektor UMB Hadri Mulya, Direktur Kemahasiswaan Endi Rangkuti, Dekan Fakultas Teknik UMB Danto Sukamjati, Wakil Dekan Fakultas Teknik Kemahasiswaan UMB Mawardi, dan Pembina Unit Kegiatan Teknologi UMB Hadi Pranoto.

KMHE adalah kontes yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang menantang para mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berkompetisi menciptakan, merancang, dan membangun kendaraan yang mampu menempuh jarak sejauh mungkin dengan konsumsi energi seminim mungkin.

"KMHE merupakan sebuah kontes yang menumbuhkan kreativitas mahasiswa dalam menrancang dan mengembangkan mobil hemat energi serta ramah lingkungan," ungkap Hadi Pranoto yang juga menjabat sebagai Kepala Program Studi Teknik Mesin UMB tersebut.

Baca juga: Majelis Wali Amanat UI Gelar Debat Publik Bagi Calon Rektor

Hadi yang baru saja menuntaskan gelar Doktor di Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Agustus 2019 lalu, mengungkapkan syukur Tim Geni Biru UMB yang ia bina lolos ke babak final nasional.

"Ini merupakan sebuah pencapaian prestasi yang membanggakan sebab untuk masuk pada perlombaan ini harus melalui beberapa seleksi dan tahapan yang sangat ketat," ujarnya di acara pelepasan tim, Rabu (18/9).

Untuk mencapai babak final nasional, sambung Hadi, Tim Geni Biru UMB harus bersaing dengan kontestan dari universitas lain di seluruh Indonesia, termasuk beberapa tim unggulan yang sudah menjadi 'langganan juara' di ajang bergengsi ini.

Di ajang KMHE 2019, Tim Geni Biru menurunkan tiga unit prototipe kendaraan, dua di antaranya dirancang, dibangun, dan dikerjakan para Mahasiswa Teknik Mesin UMB yaitu Pro Soe Ethanol untuk kategori bahan bakar ethanol dan Pro Soe Gasoline untuk kaetgori bahan bakar bensin.

Sedangkan prototipe mobil listrik Pro Soe Elektrik dikerjakan melibatkan lintas program studi karena menggunakan perangkat elektrik untuk menggerakkan kendaraan dan mengatur penggunaan daya melalui modul elektronik.

Hadi menyatakan timnya akan terus melanjutkan proyek pembuatan, pengembangan prototipe mobil ramah lingkungan dan hemat energi mulai dari bahan bakar gasoline (bensin), ethanol, dan tenaga listrik.

Proyek ini akan berlanjut sampai sesuai yang dicanangkan oleh pemerintah dimana pemerintah telah menetapkan mobil listrik sebagai mobil masa depan masyarakat Indonesia.

"Untuk menjawab hal itu, anak-anak Teknik Mesin UMB mencoba mengembangkan prototipe mobil listrik yang akan disertakan dalam KMHE. Ini akan menjadi acuan dalam penelitian lanjutan dimana unit baterai dan motor listrik yang dirakit oleh mahasiwa Teknik Mesin ini bisa bertahan cukup lama dan mampu menghasilkan torsi dan kecepatan yang diharapkan," pungkas Hadi. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More