Sabtu 21 September 2019, 08:00 WIB

Pemberontak Huthi Putuskan Hentikan Serangan ke Arab Saudi

Basuki Eka Purnama | Internasional
Pemberontak Huthi Putuskan Hentikan Serangan ke Arab Saudi

AFP/Al-Huthi Group Media Office
Gambar kilang minyak milik Arab Saudi yang hancur diserang drone milik kelompok pemberontak Huthi.

 

PEMBERONTAK Huthi di Yaman, Jumat (20/9), mengumumkan mereka akan menghentikan seluruh serangan ke Arab Saudi sebagai bagian inisiatif perdamaian untuk mengakhiri konflik di Yaman, lima tahun setelah kelompok itu merebut ibu kota Sanaa.

Pengumuman itu dilakukan setelah serangkaian serangan drone pada akhir pekan lalu menghantam fasilitas minyak Arab Saudi menyebabkan harga minyak dunia naik.

Kelompok pemberontak yang didukung Iran itu mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Namun, Amerika Serikat (AS), sekutu Arab Saudi, menyebut aksi serangan itu sebagai 'aksi perang' dan menuding Iran bertanggung jawab.

Baca juga: Trump Umumkan Sanksi Baru untuk Iran

Mehdi al-Mashat, kepala komisi politik Huthi, dalam pidato merayakan keberhasilan kelompok itu merebut Sanaa pada 2014, mengumumkan penghentian serangan ke wilayah Arab Saudi.

Dia berharap keputusan itu akan ditanggapi dengan baik oleh Arab Saudi.

"Perang tidak akan menguntungkan siapa pun," ujar Al-Mashat.

Konflik di Yaman telah menewaskan puluhan ribu orang, mayoritas warga sipil, dan menyebabkan jutaan orang lainnya di ambang kelaparan. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More