Sabtu 21 September 2019, 06:45 WIB

Trump Umumkan Sanksi Baru untuk Iran

Basuki Eka Purnama | Internasional
Trump Umumkan Sanksi Baru untuk Iran

AFP/ALEX EDELMAN
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Jumat (20/9) waktu setempat, mengumumkan sanksi baru untuk Iran yang disebutnya sebagai sanksi terkeras yang pernah dijatuhkan AS terhadap negara lain.

Meski begitu, Trump menegaskan 'Negeri Paman Sam' tidak berencana melancarkan serangan militer terhadap Iran.

Departemen Keuangan AS memperbaharui sanksi mereka terhadap bank sentral Iran setelah pejabat AS menuding Teheran melancarkan serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi pada pekan lalu. Serangan itu mendongkrak harga minyak dunia.

Baca juga: Trump Siapkan Sanksi baru untuk Iran

"Kami telah menjatuhkan sanksi terhadap bank nasional Iran," ujar Trump di Oval Office. "Ini adalah sanksi tertinggi yang pernah dijatuhkan kepada sebuah negara."

Namun, Trump menegaskan dirinya tidak berencana menjalankan serangan militer sembari mengecam mereka yang menuding dirinya berencana menggelar perang dengan Iran.

"Cara termudah yang bisa saya lakukan adalah mematikan 15 hal penting di Iran. Saya bisa melakukannya dari sini, di hadapan Anda. Kini, Anda memiliki cerita besar untuk dilaporkan," kata Trump.

"Ini lebih mudah dari cara lainnya. Dan Iran tahu mereka bertindak nakal," imbuhnya. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More