Sabtu 21 September 2019, 02:10 WIB

Taiwan Promosikan Segmen Wisata Halal

Taiwan Promosikan Segmen Wisata Halal

Dok. MI
Salah satu destinasi wisata di Taiwan

 

LEBIH dari sekadar mempromosikan wisata alam, Taiwan juga menawarkan pariwisata yang ramah bagi wisatawan muslim. Kepala Taipei Economic and Trade Office di Indonesia,  John C Chen, mengungkapkan ketersediaan berbagai fasilitas yang ramah bagi pelancong muslim mancanegara bila berkunjung ke Taiwan.

“Di Taiwan, kota-kota besar, seperti Taipei, Taichung, Tainan, Kaohsiung sudah sangat ra­mah muslim. Hotel sudah ada sertifikat halal muslim. Beberapa tempat seperti bandara dan kereta cepat juga sudah dipersiapkan musala. Jadi, sangat welcome sekali untuk wisatawan muslim,” ujar Chen di acara Kompas Travel Fair 2019 di Jakarta, kemarin.

Paviliun Taiwan di Kompas Travel Fair 2019 menawarkan berbagai promo paket wisata menarik. Bahkan, China Airlines memberi hadiah tiket pergi-pulang Taipei kepada pengunjung yang beruntung. Pengunjung juga dapat mencicipi teh autentik Taiwan, mencoba mewarnai kue kering khas Taiwan, membuat kartu nama dengan percetakan tradisional, dan berbagai produk budaya Taiwan.

Wisatawan muslim pun tak perlu khawatir ketika ingin mencicipi kuliner khas Taiwan karena sudah banyak restoran dan produk makanan berlogo halal.
Kepala Biro Pariwisata dan Komunikasi Pemerintahan Kota Taipei, Liu Yi-Ting, mengungkapkan rencana Pemkot Taipei membangun kota ramah muslim. “Di Taipei itu banyak tempat nyaman untuk umat Islam seperti makanan yang sudah bersertifikat halal. Kami juga akan memperbanyak restoran dan penginapan halal, serta menambah fasilitas musala di stasiun MRT dan objek wisata,” ujar Liu Yi-Ting.

Wisatawan muslim makin dimudahkan de­­ngan tersedianya aplikasi ponsel bernama Halal-TW untuk mencari tempat ibadah, penginapan, hingga restoran halal. Aplikasi yang dapat diunduh di Play Store ataupun App Store itu merupakan karya mahasiswa Indonesia yang tengah menimba ilmu di Taiwan.

Liu Yi-Ting memaparkan, menurut Indeks Pariwisata Muslim Global yang diumumkan Mastercard 2019, Taiwan untuk pertama kali menempati peringkat ketiga tujuan wisata mus­lim terbaik untuk wilayah non-Islam.

Sementara itu, Taipei mendapat pengakuan sebagai destinasi utama bagi kaum muslim yang berkunjung ke Taiwan. (Uca/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More