Jumat 20 September 2019, 19:25 WIB

Impor Daging Sapi Brasil Sulit Terealisasi Tahun Ini

Andhika prasetyo | Ekonomi
Impor Daging Sapi Brasil Sulit Terealisasi Tahun  Ini

MI/ Ramdani
Budi Waseso

 

PERUM Bulog pesimistis impor daging sapi sebesar 30.000 ton dari Brasil bisa terealisasi tahun ini.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan saat ini perseroan masih dalam tahap proses pelengkapan persyaratan administrasi seperti rekomendasi impor daging dari Kementerian Pertanian (Kementan) dan Surat Persetujuan Impor dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Secara administrasi belum selesai dan menurut hitungan saya, penugasan 30.000 ton yang seharusnya masuk tahun ini mungkin tidak akan terealisasi," ujar Budi di Jakarta, Jumat (20/9).

 

Baca juga: Bulog Siap Bongkar Kecurangan Penyaluran Beras

 

Mendatangkan komoditas dari Negeri Samba memang bukan hal yang mudah. Waktu pengiriman yang sangat panjang menjadi salah satu kendala.

Setidaknya, dibutuhkan waktu sekitar 45 hari untuk mengirim barang dari Brasil ke Indonesia menggunakan jalur laut.

"Misalnya, hari ini rekomendasi keluar, kami pekan depan sudah bisa lelang. Setelah segala macam proses dilalui, kami hitung minimal 45 hari perjalanan, mungkin tahun ini bisa sampai. Tapi kalau rekomendasi tidak keluar hari ini, pasti lintas tahun," ucap pria yang akrab disapa Buwas itu.

Yang menjadi masalah lain bagi perseroan, daging sapi sebanyak 30 ribu ton tidak mungkin bisa dikirim dalam satu kali pengiriman. Bulog juga tidak memiliki cold storage yang mampu menampung stok sebanyak itu sehingga impor daging sapi akan dilaksanakan secara bertahap. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More