Jumat 20 September 2019, 18:16 WIB

Alat Tempur TNI akan Beralih ke Digital

Ferdinand | Nusantara
Alat Tempur TNI akan Beralih ke Digital

Antara
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto

 

ALAT tempur TNI yang masih menggunakan sistem analog akan diganti dengan digital. Hal itu merupakan bagian dari modernisasi TNI dan diperlukan dalam perang modern.  Pernyataan tersebut disampaikan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto seusai menerima gelar doktor kehormatan di Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (20/9).

"Kalau dulu hanya ngontel, sekarang tidak lagi. Dengan komputer semua data sangat presisi," katanya.

Panglima TNI mengatakan, saat ini jajarannya sedang giat meningkatkan kemampuan prajurit untuk bisa menggunakan teknologi 4.0. Salah satunya melalui latihan gabungan 2019 Darmayuda di Situbondo belum lama ini. Pada latihan tersebut, semua peralatan tempur yang digunakan backbone-nya menggunakan satelit. Dengan demikian sistem terintegrasi
antara darat, laut, dan udara berjalan baik.

"Penembakan yang dilakukan presisi karena menggunakan datalink. Ini yang sudah kita kembangkan dan semua sukses," imbuhnya.

baca juga: Anak-Anak Sekolah di Sijunjung Diliburkan

Belum lama ini, TNI juga melakukan uji coba penembakan menggunakan pesawat tanpa awak dari ketinggian 15.000 meter. Hasilnya, tembakan tepat mengenai target.

"Satu lagi yang akan kita bangun adalah inter compability antarangkatan. Semua didukung satu alat yang namanya network centering warfare dengan berbasis satelit dan menggunakan data link," pungkas Hadi Tjahjanto. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More