Jumat 20 September 2019, 17:48 WIB

Jumlah Titik Karhutla di Bengkulu Terus Bertambah

Marliansyah | Nusantara
Jumlah Titik Karhutla di Bengkulu Terus Bertambah

Antara
Jumlah titik api karhutla di Bengkulu terus bertambah. Hingga kini mencapai 117 titik.

 

SEBANYAK 117 titik lahan dan hutan di Provinsi Bengkulu terbakar selama dua bulan terakhir. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu, Sorjum Ahyan mengatakan 117 titik lahan dan hutan terbakar berdasarkan pantauan satelit.

"Pada Agustus lalu kebakaran hutan dan lahan tercatat 52 titik, dan pertengahan September mencapai 65 titik," terang Sorjum, Jymat (20/9).

Rinciannya, kebakaran lahan dan hutan terbanyak di Kabupaten Kaur yakni 16 titik, Bengkulu Utara sebanyak 10 titik, Bengkulu Selatan 8 titik, Bengkulu Tengah, dan Rejang Lebong, 15 titik. Kemudian, Kabupaten Bengkulu Tengah, lima titik, Mukomuko empat titik, Lebong dan Seluma tiga titik, dan Kepahiang satu titik.
      
Saat ini, kata dia, setiap bulan titik api terus meningkat dan hotspot relatif besar terjadi di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, dan lahan Bukit Kandis di Kabupaten Bengkulu Tengah.

baca juga: Polres Parepare Amankan 3 Orang Pembawa 6.000 Detonator

Kebarakan hutan dan lahan di Pulau Enggano, sudah mencapai 32 hektare. Untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan itu, Dinas LHK Provinsi Bengkulu, telah menurunkan tim dilapangan untuk menanggulangi terjadi kebakaran. Kebakaran hutan dan lahan paling banyak terjadi pada lahan milik masyarakat. Saat ini, dikhawatirkan potensi kebakaran akan terus terjadi karena musim kemarau diprediksi berlangsung lama. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More