Jumat 20 September 2019, 17:32 WIB

Dishub DKI akan Sediakan Cross Pelican untuk Pesepeda

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Dishub DKI akan Sediakan Cross Pelican untuk Pesepeda

Antara
Pengendara sepeda melintasi jalur sepeda di Jalan Pemuda, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (19/9).

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta memberikan kemudahan bagi pesepeda yang akan melewati ruas jalan. Yakni, akan dibuat tombol untuk melintas dengan aman di persimpangan jalan. Menurut Kepala Dinas Hubungan (Dishub) DKI, Syafrin Liputo, tombol tersebut seperti pelican crossing ketika dipencet akan memberi lampu merah dan mempersilahkan pejalan kaki untuk menyebrang.

"Jadi akan ada tombol kemudian, yang bersangkutan (pesepeda) masuk ke persimpangan itu akan mencet tombol kemudian seluruh kaki persimpangan jalan untuk kendaraan bermotor (akan) merah," ujar Syafrin di Balai Kota Jakarta, Jumat (20/9).

Tombol untuk pesepeda yang melintas, akan diterapkan pada persimpangan sederhana yang tidak memiliki banyak jalur. Ia mencontohkan seperti di kawasan Jalan Pramuka, Diponegoro dan Imam Bonjol.

"Mungkin 10-15 detik kita akan beri prioritas untuk menyebrang sehingga keamanan dan kenyamanan dia untuk melintas persimpangan itu terjamin," kata Syafrin.

baca juga: Soal Pemotongan Kabel di Cikini, Bina Marga DKI Kecam YLKI

Tempat seperti pelican crossing untuk pesepeda nanti, Dishub akan menyediakan tempat khusus untuk menunggu pesepeda sebelum diberikan lampu hijau tanda boleh melintas.

"Kita siapkan ruang henti khusus untuk sepeda atau RHKS namanya," tandas Syafrin. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More