Jumat 20 September 2019, 17:00 WIB

Setuju Tunda RKUHP, PDIP Komunikasikan ke Semua Fraksi

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Setuju Tunda RKUHP, PDIP Komunikasikan ke Semua Fraksi

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu

 

ANGGOTA Komisi III DPR RI Fraksi PDI-P, Masinton Pasaribu mengatakan partainya mendukung sikap pemerintah terkait penundaan pembahasan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP). Partai dengan logo kepala Banteng itu akan mengkomunikasikan sikap tersebut kepada semua fraksi.

"Tentu kami akan mempertimbangkan usulan dan permintaan presiden terkait penundaan pembahasan RKUHP dan kami akan mengomunikasikan segera kepada seluruh fraksi di DPR yang ikut pembahasan RKUHP bersama tim pemerintah," katanya kepada Media Indonesia, Jumat (20/9).

Menurut dia, proses dan mekanisme pembahasan di DPR baru selesai di tahap tingkat satu yaitu pembahasan di tingkat alat kelengkapan dewan atau komisi. Kemudian terdapat usulan RKHUP dibawa ke dalam pembahasan tingkat dua dan pengambilan keputusan dalam sidang paripurna.

Dalam peraturan tata tertib DPR, usulan menuju ke Paripurna harus melalui tahapan badan musyawarah (Bamus) pimpinan DPR bersama fraksi-fraksi tentang persetujuan agenda pembahasan dalam sidang paripurna. "Tentunya DPR wajib melihat dinamika dan mendengar aspirasi yang berkembang di masyarakat terkait penolakan beberapa pasal dalam RKUHP," katanya.

Ia berpendapat agar dalam masa penundaan ini baiknya DPR bersama pemerintah terlebih dahulu menyosialisasikan kepada masyarakat luas terkait pasal-pasal krusial yang dianggap kontroversi.

"DPR bersama pemerintah dapat melanjutkan pembahasan pada periode DPR RI 2019-2024 dengan mekanisme carry over atau melanjutkan pembahasan RKUHP tanpa harus mengulang dari awal kembali," pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

MI/Lina Herliina

Kapolri Instruksikan Cegah Permainan Harga Pangan Saat Pandemi

👤Antara 🕔Senin 06 April 2020, 07:15 WIB
Beberapa jenis pelanggaran atau kejahatan yang mungkin terjadi yaitu permainan harga dan penimbunan barang serta adanya pihak yang...
MI/Ramdani

Implementasikan Pembatasan Segera

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 April 2020, 05:47 WIB
Banyak imbauan untuk menekan penularan covid-19 masih diabaikan. Karena itu, PSBB yang memiliki sanksi diharapkan efektif menumbuhkan...
MI/M Irfan

Publik Tuntut Keterbukaan Legislasi

👤EMIR CHAIRULLAH 🕔Senin 06 April 2020, 03:30 WIB
Proses pembahasan RUU Cipta Kerja dan RKUHP secara daring dikhawatirkan tidak mampu mengakomodasi dialog...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya