Jumat 20 September 2019, 14:33 WIB

Pemerataan Pelayanan Kesehatan di Indonesia sangat Mendesak

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pemerataan Pelayanan Kesehatan di Indonesia sangat Mendesak

Istimewa
Seminar III Pra-Munas KAGAMA bertajuk Kesehatan Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

 

PENGENDALIAN terhadap angka kematian anak dan ibu yang melahirkan menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Pemprov Sulawesi Utara telah menyediakan fasilitas kesehatan, tenaga medis, infrastruktur dan fasilitas kesehatan dasar yang sesuai standar minimal kesehatan.

"Ini bertujuan untuk mewujudkan SDM yang sehat sebagai bagian dari perbaikan, salah satunya dengan terkendalinya kematian anak dan ibu yang melahirkan," kata Asisten Sekda Provinsi Sulut Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Edison Humiang, dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia, Jumat (20/9).

Menurut dia, pembangunan Sulawesi Utara di sektor kesehatan memang menitikberatkan pada pemantapan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkepribadian dan berdaya saing.  

Baca juga: Neira Ardaneshwari Budiono Memenangkan Penghargaan 120 Under 40

"Hasilnya menggembirakan. Angka Harapan Hidup (APH) meningkat. Tahun 2017 APH kita mencapai 71,02 tahun atau berada di atas rata-rata nasional yaitu 70,68 tahun," ungkapnya.

Sementara itu, ketika menjadi pembicara dalam Seminar III Pra-Munas KAGAMA bertajuk Kesehatan Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0 di Gedung Eks DPRD Sulawesi Utara, Kamis (19/9), Edison Humiang  berharap dapat memberikan pemikiran dan kritik yang membangun demi peningkatan derajat masyarakat Indonesia yang setinggi-tingginya.

Ketua Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (ADINKES) Krisnajaya dalam kesempatan tersebut menyampaikan, di usia ke-74 tahun, Indonesia masih menghadapi masalah kesehatan dan masalah pemerataan pelayanan kesehatan.

Beberapa akar masalahnya, kata Krisna yaitu implementasi desentralisasi bidang kesehatan, kurang tersebarnya institusi pendidikan, sistem pembiayaan, dan lain-lain.

Menurut alumnus Fakultas Kedokteran UGM itu, salah satu solusi yang dapat diajukan adalah penggunaan teknologi informasi untuk mempermudah dan memperluas jangkauan pelayanan kesehatan. "KAGAMA dapat banyak berperan dalam pemerataan pelayanan kesehatan," tandas dia. (*/A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More