Jumat 20 September 2019, 10:39 WIB

Anies Resmikan Uji Coba Tujuh Jalur Sepeda

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Anies Resmikan Uji Coba Tujuh Jalur Sepeda

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berbincang dengan warga ketika bersepeda di Jakarta, Jumat (20/9/2019).

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan uji coba penambahan jalur sepeda pagi ini. Bertolak dari Gelanggang Olahraga Velodrome, Anies bersama Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Lupito, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho dan rombongan bersepeda menuju Balai Kota.

"Alhamdulillah jalur sepedanya sekarang sudah dimulai. Kita tadi mencoba fase pertama (sepanjang) 25 km. Nanti insyaAllah ada tiga fase jalur penambahan sepeda. Kami ingin dorong bagaimana kita menempatkan sepeda bukan sebagai alat olahraga saja tapi sepeda sebagai alat transportasi," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Jumat (20/9).

Dari pantauan Media Indonesia, perlu waktu sekitar 75 menit bersepeda dari Velodrome ke Balai Kota. Adapun tujuh jalur sepeda yang diresmikan hari ini yakni Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, Jalan Proklamasi, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan M.H Thamrin lewati Sarinah lalu ke Patung Kuda dan terakhir jalur sepeda di Jalan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Jalur sepeda yang dilalui ditandai dengan garis putih yang melintang di sisi kiri jalan raya. Selain itu, ada traffic cone atau kerucut lalu lintas juga dipasang setiap beberapa meter dari jalur tersebut

"Naik sepeda saja, bahkan ke kantor bila dianggap memang secara jarak memungkinkan pakai sepeda saja. Sesungguhnya sekarang tidak banyak warga menggunakan sepeda di Jakarta. Dengan kemacetan yang ada naik sepeda biasa bisa lebih cepat," kata Anies di depan perwakilan komunitas sepeda yang datang ke Balai Kota.

Baca juga: DKI Jakarta Punya Tujuh Jalur Sepeda

Area uji coba akan dilaksanakan di rute jaringan jalur sepeda dengan total panjang 63 km dan dibagi dalam 3 fase meliputi wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Ketujuh jalur sepeda fase pertama itu akan diuji coba pada 20 September-19 November 2019. Sementara itu ada pula fase 2 dengan empat jalur yang akan diujicobakan pada 12 Oktober-19 November yakni di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan RS Fatmawati Raya.

Lalu ada fase 3 dengan enam jalur yang diujicobakan pada 2-19 November 2019 di Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur.(OL-5)

Baca Juga

Antara

105 Pasar di Jakarta Layani Belanja Online Selama PSBB

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 01:23 WIB
Hal itu dilakukan agar masyarakat tidak perlu keluar rumah selama penerapan...
Mi/Ramdani

Besok, Warga Miskin Terdampak Covid-19 Dapat Bansos dari DKI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 April 2020, 01:09 WIB
1.1 juta warga akan dibiayai lewat APBD DKI. Mereka ialah penerima bantuan DKI selama ini, seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan KJP...
Antara

Polsek Tanjung Duren Bagikan Sembako untuk Ojek Online

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 08 April 2020, 00:15 WIB
"Aksi ini untuk membantu keluarga dan meringankan kebutuhan pangan pokok mereka," ujar Agung, Selasa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya